Sistem Operasi HarmonyOS Next Tawarkan Perubahan Besar, Tidak Dukung File APK

Kamis, 23 November 2023 - 20:10 WIB
loading...
Sistem Operasi HarmonyOS Next Tawarkan Perubahan Besar, Tidak Dukung File APK
Smartphone dan tablet di luar China akan tetap menggunakan EMUI, mirip dengan HarmonyOS, yang didasarkan pada proyek Open Source Android. Foto/GSMArena
A A A
BEIJING - Huawei baru saja meluncurkan sistem operasi (OS) versi HarmonyOS Next yang menghadirkan perubahan besar. OS baru ini tidak ada dukungan untuk file APK, yang merupakan aplikasi asli Android.

Richard Yu, CEO Huawei, mengungkapkan OS baru ini siap diluncurkan ke pengguna akhir sehingga menimbulkan kebingungan di kalangan pemilik Huawei di seluruh dunia. Satu minggu setelah pengumuman tersebut, perusahaan mengeluarkan klarifikasi bahwa unit di luar negeri tidak akan menerima HarmonyOS.

Dikutip dari laman GSM Arena, Kamis (23/11/2023), smartphone dan tablet di luar China akan tetap menggunakan EMUI, mirip dengan HarmonyOS, yang didasarkan pada proyek Open Source Android. Namun, tidak memiliki layanan dan aplikasi Google, dan akan terus mendukung aplikasi android asli.



Menurut China Mobile, Huawei akan terus meningkatkan dukungannya untuk pengembang di seluruh dunia. Perusahaan ini mengembangkan komunitas besar pengembang aplikasi, yang hanya berupaya memastikan aplikasi Android dari toko pihak ketiga berfungsi dengan baik di ponsel tanpa Google.

Berkali-kali para eksekutif Huawei meyakinkan bahwa dukungan untuk smartphone dan tablet di pasar global akan terus berkembang. Dikonfirmasi secara resmi bahwa Huawei akan terus menggunakan branding Emotion UI (EMUI) untuk perangkat luar negerinya hingga mereka benar-benar yakin pelanggan siap menerima perpindahan ke HarmonyOS.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)