Ternyata Teknologi Ini yang Bikin Gelang Coldplay Xyloband Bisa Kelap-kelip

Kamis, 23 November 2023 - 08:03 WIB
loading...
Ternyata Teknologi Ini yang Bikin Gelang Coldplay Xyloband Bisa Kelap-kelip
Gelang Coldplay Xyloband memiliki teknologi khusus yang membuat perangkat tersebut bisa menyala mengikuti lagu. Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Gelang Coldplay atau xyloband beberapa hari terakhir ini memang banyak dibicarakan. Bahkan, setelah konser Coldplay sudah cukup lama selesai. Musababnya, karena gelang LED yang sejatinya hanya dipinjamkan selama berlangsungnya konser itu banyak di bawa pulang penonton Tanah Air.

Jakarta, Indonesia didapuk sebagai kota yang paling sedikit mengembalikan xyloband di konser Music of the Spheres World Tour Coldplay. Presentase pengembalian adalah 77% atau sekitar lebih dari 18.000 xyloband dibawa pulang.

Cukup banyak penonton yang bahkan terang-terangan membuat video dan membagikan bagaimana mereka membawa gelang xyloband dan tidak mengembalikannya.

Dikontrol dengan Software dalam Radius 800 Meter

Tapi terlepas dari kontroversi tersebut, yang tak kalah menarik untuk dibahas adalah sebenarnya seperti apa teknologi yang diusung oleh gelang Coldplay ini? Apakah gelang ini tetap bisa menyala saat dibawa pulang?

Jawabannya, tidak. xyloband merupakan gelang yang dipakai penonton khusus di konser Coldplay. Xyloband dirancang agar bisa memancarkan cahaya sesuai irama musik Coldplay.

Dengan begitu, penonton konser Coldplay tidak hanya disuguhkan oleh kualitas musik terbaik, juga mendapat visual menakjubkan. Sehingga mereka mendapat pengalaman yang sulit dilupakan.

Terkait cara kerjanya, gelang Coldplay tersebut bekerja dengan dikendalikan oleh sinyal radio saat konser berlangsung dan menghubungkan antara aksi Chris Martin cs dengan para penggemar mereka.

Untuk melakukannya, panitia konser akan mengontrol status dan warna lampu xyloband dari jarak jauh melalui sebuah laptop yang sudah dipasangi dengan software atau aplikasi khusus pengontrol gelang.

Selain dari software yang ada di perangkat elektronik, kendali lampunya juga bisa dilakukan melalui alat pengendali portable (remote control) yang dipegang oleh beberapa panitia sehingga penyesuaiannya lebih fleksibel.


Laptop panitia nantinya akan dipasangi perangkat komputer berupa kotak penerima sinyal (transmitter) khusus supaya efek lampu xyloband bisa dikendalikan. Alat ini dapat mengontrol cahaya xyloband dalam radius 800 meter.

Gelang ini juga bisa memakai transmitter tambahan agar jangkauan kendali lampu di xyloband bisa semakin luas yang berguna apabila konser musik digelar di tempatyangluas.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3518 seconds (0.1#10.140)