Indosat dan Pemkab Sumedang Bikin Gelang Pintar untuk Cegah Stunting

Rabu, 29 November 2023 - 17:52 WIB
loading...
Indosat dan Pemkab Sumedang Bikin Gelang Pintar untuk Cegah Stunting
Gelang pintar kolaborasi antara Indosat Ooredoo dan Pemkab Sumedang diberikan kepada ibu hamil dengan harapan bisa mencegah stunting. Foto: Indosat Ooredoo
A A A
JAKARTA - Gelang pintar biasa digunakan untuk memantau kondisi kebugaran tubuh. Tapi, mungkin belum ada yang fokusnya ke ibu hamil.

Nah, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui Indosat Business bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang pertama menyediakan gelang kesehatan pintar untuk memantau kondisi ibu hamil.

Ternyata, gelang pintar ini punya tujuan yang lebih besar. Yakni, untuk membantu Pemkab Sumedang melakukan pencegahan stunting sejak dalam kandungan lewat pemanfaatan teknologi digital.

Termasuk juga mempercepat penerapan smart city pada program Smart Kabupaten Sumedang (SKS).

Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Buldansyah mengatakan, gelang kesehatan pintar berbasis bluetooth yang terhubung dengan smartphone ini berfungsi untuk memantau kondisi kesehatan para ibu hamil melalui indikasi denyut nadi, tekanan darah, saturasi oksigen (SpO2), suhu tubuh, dan indikator kesehatan penting lainnya.

“Ini bagian dari pemanfaatan teknologi Internet of Things (IoT) di masyarakat,” katanya.

Program ‘IoT Smart Wearable Pilot Project’ sendiri merupakan kelanjutan dari Nota Kesepahaman (MoU) antara Indosat dengan Pemkab Sumedang dalam penyediaan layanan internet.



Saat ini Kabupaten Sumedang menjadi salah satu tolok ukur kota/kabupaten dalam penerapan progam Smart City oleh pemerintah Indonesia. Kabupaten Sumedang dengan 1,5 juta jiwa penduduk akan membutuhkan sekitar 25 ribu unit gelang kesehatan pintar per tahunnya.

Selain gelang Kesehatan pintar, Indosat juga mendukung implementasi Smart City di Kabupaten Sumedang lewat peningkatan kualitas dan cakupan jaringan 4G, membangun media konektivitas berupa fiber optic/radio yang menghubungkan semua fungsi dinas atau operasional (Kecamatan/OPD), membangun command center, dan mengembangkanaplikasiIoT.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2490 seconds (0.1#10.140)
pixels