Google Hadirkan Kunci Keamanan Titan, Selamat Tinggal Kata Sandi

Kamis, 16 November 2023 - 16:00 WIB
loading...
Google Hadirkan Kunci Keamanan Titan, Selamat Tinggal Kata Sandi
Kunci keamanan Titan kompatibel dengan Apple, Microsoft, Google. (Foto: Tech Radar)
A A A
JAKARTA - Kunci keamanan Titan terbaru dari Google telah hadir. Pengunaannya kompatibel dengan Apple, Microsoft, Google, dan banyak lainnya sehingga sangat nyaman penggunaannya.

Dua versi baru dari kunci tersebut tersedia di Google Store mulai hari ini dengan koneksi USB-C atau koneksi USB-A. Seperti versi sebelumnya yang dirilis pada 2021, kedua kunci juga dilengkapi dengan NFC untuk terhubung secara nirkabel ke ponsel dan perangkat seluler lainnya.

Dilansir dari Tech Radar, Kamis (16/11/2023), versi USB-C berfungsi sama baiknya dengan kunci lain perangkat keras Titan versi lama dan kunci FIDO2 lainnya dari Yubico. Keberadaan NFC pada kedua versi membuat nyaman, terutama ketika mengatur kunci sebagai cadangan.



Meskipun dukungan untuk kunci lewat sandi terus berkembang pesat, beralih ke sistem tanpa kata sandi dengan kunci keamanan lebih mudah daripada opsi lain. Kunci ini kompatibel dengan FIDO2, sehingga dapat berfungsi sebagai keamanan otentikasi dua faktor dengan layanan yang sudah ada, dan memiliki penyimpanan yang cukup untuk menyimpan lebih dari 250 kunci lewat sandi unik.

Teknologi dua faktor lainnya seperti generator kode, pemberitahuan dorongan, dan pengiriman kode melalui email atau pesan teks dapat menambah perlindungan terhadap penyerang yang mencuri kata sandi. Tetapi kunci keamanan melampaui itu dengan menggunakan kriptografi yang memverifikasi hal-hal khusus untuk memastikan verifikasi kunci dan tidak menyerahkan informasi login ke situs web palsu.



Jika pengguna mendaftarkan kunci ini untuk membuka berbagai akun online (seperti akun Google) dengan kunci lewat sandi, pengguna dapat mengautentikasi dengan menghubungkan kunci dan memverifikasi dengan PIN yang diatur, tanpa perlu kata sandi .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2112 seconds (0.1#10.140)