Anti Ngelag! Ini 9 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Selasa, 14 November 2023 - 17:39 WIB
loading...
A A A
3. Manfaatkan Fitur MsConfig

Khusus pengguna laptop berbasis Windows bisa menggunakan cara ini. Untuk mengaktifkan fitur MsConfig, buka menu Start dan ketik Run lalu tekan enter. Kemudian ketik MsConfig di kolom yang tersedia lalu enter. Selanjutnya layar akan menampilkan berbagai program yang tersedia di laptop. Matikan program-program yang tak terpakai guna memperingan kinerja laptop.

4. Bersihkan Laptop

Kipas laptop yang kotor dapat menghambat keluar panas. Akibatnya suhu laptop semakin meningkat dan memperlambat kinerjanya. Karena itu, bersihkan perangkat dari debu, khususnya area kipas.

Dengan membersihkannya, kamu akan mengetahui jika ada benda asing yang menyumbat laptop selain debu. So, lakukan pembersihan ini secara berkala ya!

5. Gunakan Cooling Pad

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, laptop yang semakin panas akan memperlambat kinerjanya. Jadi, selain dibersihkan, kamu juga bisa menggunakan cooling pad untuk memperingan kerja kipas laptop. Dengan begitu, laptop lebih awet dan kinerjanya optimal.

6. Gunakan SSD

Laptop zaman sekarang sudah menggunakan SSD (Solid State Drive) sebagai ruang penyimpanan. Wajar saja karena SSD dapat memperingan kerja laptop dibanding HDD. Umumnya, laptop dengan HDD cenderung kurang responsif dan lebih lambat. Jadi, ganti harddisk laptop kamu dengan SSD supaya laptop tidak lambat lagi.

7. Matikan Program Otomatis
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2212 seconds (0.1#10.140)