Anti Ngelag! Ini 9 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Selasa, 14 November 2023 - 17:39 WIB
loading...
A A A
Dengan membersihkannya, kamu akan mengetahui jika ada benda asing yang menyumbat laptop selain debu. So, lakukan pembersihan ini secara berkala ya!

5. Gunakan Cooling Pad

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, laptop yang semakin panas akan memperlambat kinerjanya. Jadi, selain dibersihkan, kamu juga bisa menggunakan cooling pad untuk memperingan kerja kipas laptop. Dengan begitu, laptop lebih awet dan kinerjanya optimal.

6. Gunakan SSD

Laptop zaman sekarang sudah menggunakan SSD (Solid State Drive) sebagai ruang penyimpanan. Wajar saja karena SSD dapat memperingan kerja laptop dibanding HDD. Umumnya, laptop dengan HDD cenderung kurang responsif dan lebih lambat. Jadi, ganti harddisk laptop kamu dengan SSD supaya laptop tidak lambat lagi.

7. Matikan Program Otomatis

Biasanya, ada aplikasi yang langsung aktif secara otomatis saat kamu menyalakan laptop, seperti aplikasi music dan scanner. Masalahnya, daya yang dibutuhkan untuk membuka aplikasi tersebut malah membuat kinerja laptop melambat.

Sebaiknya matikan program otomatis melalui menu Setting atau Pengaturan. Jika sudah, laptop akan bekerja lebih cepat saat startup .

8. Hapus Program yang Tidak Dipakai

Hapus program atau aplikasi yang tidak digunakan. Selain mengurangi kapasitas penyimpanan, aplikasi tersebut akan mengurangi beban kerja laptop.

Cari aplikasi yang jarang atau tidak pernah kamu gunakan. Setelah itu uninstall program tersebut. Cara ini juga akan menghapus file-file yang berkaitan dengan aplikasi tak terpakai. Dijamin deh laptop kamu akan lebih lancar saat digunakan.

9. Pakai Antivirus

Salah satu faktor yang memengaruhi kinerja laptop adalah serangan virus. Jika terjangkit virus, perangkat kamu akan jadi lemot. Untuk itu, install antivirus dan lakukan scan virus secara berkala. Tetapi, pastikan antivirus yang terpasang tidak membebani laptop kamu.

Itulah cara mengatasi laptop lemot. Dapatkan diskon hingga 71% untuk pembelian laptop di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir tanpa batas, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Yuk, belanja hemat dengan cara men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3363 seconds (0.1#10.140)