Anti Ngelag! Ini 9 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Selasa, 14 November 2023 - 17:39 WIB
loading...
Anti Ngelag! Ini 9 Cara Mengatasi Laptop Lemot
Ada beberapa cara mengatasi laptop lemot agar kembali normal dan siap digunakan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Yuk, cari tahu cara mengatasi laptop lemot agar kembali normal dan siap digunakan. Jangan sampai produktivitas menurun gegara laptop lemot.

Laptop adalah perangkat kerja yang biasa digunakan untuk mengolah data, mengakses informasi, dan menyimpan berkas digital. Laptop juga kerap disebut versi ringkas komputer.

Karena sebagai penunjang pekerjaan, kinerja dan performa laptop sangat penting. Sebab, aplikasi yang digunakan dan fitur yang dibutuhkan perlu didukung dengan kemampuan atau performa laptop.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan kinerja laptop ke performa semula?

Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Bersihkan Cache

Tanpa disadari laptop akan menyimpan cache atau temporary files yang akan memakan kapasitas penyimpanan sekaligus memperlambat kinerja laptop kamu. Cara membersihkan cache bisa dilakukan dengan klik File Manager lalu klik kanan di harddisk yang ada di laptop kamu.

2. Lakukan Disk Defragmenter

Cara ini perlu diterapkan pada laptop yang sudah lama dipakai. Karena proses disk defragmenter memakan waktu, sebaiknya lakukan pada malam hari atau saat laptop tidak aktif digunakan. Jangan lupa pasang charger agar daya baterai laptop tidak habis ketika proses berlangsung.

Setelah itu, klik Properties dan pilih Disk Clean Up. Tunggu beberapa saat hingga layar menampilkan file yang perlu dibersihkan. Lalu pilih file yang akan dihapus dan tunggu hingga proses selesai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0054 seconds (0.1#10.140)