9 Tips Sebelum Membeli Smart TV, Pastikan Bisa Connect Internet

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 16:18 WIB
loading...
A A A
Ukuran layar sangat tergantung di mana Anda ingin meletakkan, luas ruangan dan berapa banyak orang yang akan menonton smart TV ). Seseorang dapat mengukur jarak ke tempat tidur, kursi atau sofa dari TV untuk mengetahui perkiraan ukuran layar.

Jika jarak pandang kurang dari 150 cm, gunakan TV 32 inci. Jika jarak antara 150-180 cm, pilih 43 inci. Selain itu, perangkat 46 atau 50 inci akan ideal untuk melihat jarak dari 6-7 kaki. Untuk lebih dari 8 kaki, Anda dapat beralih ke panel 50 dan 55 inci. Biasanya, TV 40 inci cocok untuk ruang tamu. Namun, kamar yang lebih besar akan lebih baik dengan ukuran TV 46-50 inci.

Sementara, smart TV tersedia dalam tiga jenis layar utama, yakni OLED, QLED dan LED. Jenis tampilan memainkan peran kunci dalam kualitas tampilan secara keseluruhan, dan karenanya, Anda harus mengetahui perbedaan di antara ketiganya.

4. Refresh Rate

Refresh rate adalah berapa kali tampilan menyegarkan kontennya per detik. Ini didefinisikan dalam Hertz (Hz). Kecepatan refresh standar untuk tampilan TV adalah 60Hz.

Refresh rate yang lebih tinggi seperti 90Hz, 120Hz, 144Hz, atau lebih memberikan gerakan yang lebih halus. Anda tidak akan melihat keburaman pada objek yang bergerak cepat, biasanya pada panel standar. Ini bukan fitur yang harus dimiliki tetapi penting jika Anda berencana untuk bermain game atau menggunakan TV sebagai monitor untuk komputer Anda.

5. Resolusi Layar

Resolusi layar berbeda dengan ukuran layar. Resolusi menentukan jumlah piksel pada layar, yaitu seberapa tajamnya layar tersebut. Resolusi yang lebih tinggi berarti lebih banyak piksel dan kualitas gambar yang lebih tajam. Saat ini, tidak disarankan untuk membeli smart TV yang mendukung HD. Sebaliknya, pilih setidaknya panel Full-HD atau 4K jika anggaran Anda memungkinkan.

Panel Ultra-HD (4K) memiliki jumlah piksel empat kali lebih banyak daripada Full-HD. Karenanya, objek di layar akan tampak lebih kaya dan lebih detail.

6. Fitur dan Aplikasi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)