WiFi 7 Segera Meluncur, Diklaim Lebih Kencang dan Cermati Manfaatnya

Kamis, 19 Oktober 2023 - 09:45 WIB
loading...
WiFi 7 Segera Meluncur, Diklaim Lebih Kencang dan Cermati Manfaatnya
Sistem konektivitas internet nirkabel WiFi 7 akan segera hadir dengan beberapa kelebihan baru. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sistem konektivitas internet nirkabel WiFi 7 akan segera meluncur. Sistem konektivitas internet nirkabel terbaru itu akan menggantikan sistem yang sama yakni WiFi 6 dan WiFi 6E.

Saat ini banyak pengguna konektivitas internet nirkabel di Indonesia memang tidak ambil pusing dengan versi yang ada. Wajar karena yang penting buat mereka perangkat yang dimiliki sudah bisa terhubung dengan jaringan internet. Jadi apa pun versinya tidak akan jadi soal.

Dikutip The Verge, Kamis (19/10/2023) ini justru ada beberapa hal yang perlu dicermati dari peningkatan yang diberikan WiFi 7. Salah satu yang perlu dicermati adalah kecepatan akses jaringan internet yang semakin tinggi dan cepat.

Ibarat kata WiFi 7 merupakan mesin Ferrari yang dipasang ke sebuah Toyota Camry. Jadi lebih kencang dan tetap nyaman.



“WiFi 7 bisa menjadi peningkatan kecepatan yang lebih besar daripada WiFi 6E, sebagian berkat ruang terbuka lebar pada pita 6GHz yang dibuka oleh 6E. Ini juga seharusnya menerapkan trik lain untuk mempercepat dan menghadirkan cara baru untuk memotong gangguan dan menghilangkan latensi jaringan internet yang digunakan,” jelas The Verge.

Untuk gambarannya, laptop yang megngunakan WiFi 7 akan bisa mendapatkan kecepatan akses internet hingga 5.8 Gbps. Yang membuatnya lebih cepat pada umumnya adalah bandwidth saluran. WiFi 7 menggandakan bandwidth saluran maksimum menjadi 320MHz, dibandingkan dengan 160MHz yang mungkin didapatkan pengguna pada router Wi-Fi 5, 6, dan 6E.

Hadirnya WiFi 7 tentu akan menimbulkan pertanyaan apakah pengguna perlu mengganti perangkat kesayangan mereka baik itu laptop, PC, dan ponsel pintar? Faktanya saat ini semua perangkat terbaru memang baru disematkan jenis konektivitas WiFi 6E. Contohnya laptop ASUS ROG dan Samsung Galaxy Ultra S23 yang menggunakan WiFi 6E.

The Verge menyebutkan kondisi tersebut tidak terlalu mendesak untuk melakukan penggantian. Pasalnya sistem konektivitas WiFi 7 masih bisa tetap bekerja di perangkat yang tersedia saat ini.



"Penggantian ponsel, perangkat komputer, dan sistem nirkabel lainnya hanya akan membuat keuntungan yang diberikan jauh lebih baik lagi," terang mereka.

Menurut The Verge jaringan WiFi 7 justru akan sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki rumah pintar. WiFi 7 justru akan jadi solusi bagi rumah pintar yang kerepotan mengakses jaringan internet nirkabel yang terpaksa bekerja keras membagi kemampuan mereka bagi perangkat yang ada di rumah pintar tersebut.

“Hanya saja ini memang masih tahap awal. Setelah para produsen dan pengembang mulai membuat perangkat yang mendukung WiFi 7 maka manfaatnya akan lebih besar lagi.Hanya memang masih butuh waktu,” tulis The Verge.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4831 seconds (0.1#10.140)