Proyek Ambisius, Rusia Bangun Puluhan Superkomputer

Rabu, 11 Oktober 2023 - 13:00 WIB
loading...
Proyek Ambisius, Rusia Bangun Puluhan Superkomputer
Rusia tengah menjalankan proyek ambisius membangun sepuluh superkomputer. (Foto: Intel)
A A A
JAKARTA - Rusia tengah menjalankan proyek ambisius untuk membangun hingga sepuluh superkomputer pada 2030, yang masing-masing berpotensi menampung 10.000 hingga 15.000 GPU Nvidia H100. Jika berjalan, proyek ini akan memberikan kinerja pada skala yang serupa dengan yang digunakan untuk Chat GPT.

Superkomputer adalah komputer canggih dengan fungsi dan kemampuan di atas komputer biasa. Perangkat ini biasanya digunakan badan perkiraan iklim dan cuaca, militer, perusahaan simulasi transportasi, dan berfungsi sebagai server.

Dikutip dari Tomshardware pada Rabu (11/10/2023), secara umum sistem yang menggunakan GPU H100 dapat menghasilkan sekitar 450 FP64 TFLOPS, yang merupakan setengah dari ExaFLOP, tingkat kinerja superkomputer yang sejauh ini hanya dapat dicapai oleh AS.

Dipelopori oleh tim profesional, proyek ambisius Rusia ini menjanjikan batas kemampuan komputasi, dengan setiap mesin berpotensi memiliki antara 10.000 hingga 15.000 GPU Nvidia H100. Namun, komputasi AI dan GPU HPC yang diinginkan akan datang dari Nvidia, perusahaan Amerika.



Lantaran itu, muncul banyak pertanyaan di balik rencana proyek prestisius ini. Perang antara Rusia dan Ukraina telah menyebabkan AS membatasi ekspor teknologi ke Rusia, termasuk prosesor seperti GPU Nvidia. Belum diketahui jelas bagaimana Rusia memecahkan persoalan ini.

Kondisi keuangan negara juga menghadirkan serangkaian tantangan bagi Rusia. Dengan harga perangkat keras saat ini, anggaran proyek ini akan mencapai sekitar USD6 miliar. Namun, kemajuan pesat dalam teknologi berpotensi mengurangi biaya di tahun-tahun mendatang.

Superkomputer paling kuat di Rusia saat ini adalah Chervonenkis, dimiliki oleh Yandex dan dilengkapi dengan 1.592 node yang menampilkan GPU Nvidia A100. Perangkat menempati peringkat ke-27 dunia dalam hal kekuatan komputasi, dengan kinerja 21,53 PetaFLOPS.



Tiga dari tujuh superkomputer Rusia adalah miliki Yandex, dua miliki Sberbank, dan masing-masing satu milik MSU dan MTS. Semuanya beroperasi pada GPU Nvidia dari generasi sebelumnya.

Saat ini, Rusia hanya memiliki tujuh superkomputer yang masuk dalam peringkat 500 teratas global. Sebagai perbandingan, Amerika Serikat memiliki 150 mesin, Tiongkok memiliki 134, Jerman 36, dan Jepang 33 mesin. Pada Juni 2023, Rusia berada di peringkat ke 12 dalam daftar tersebut.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2515 seconds (0.1#10.140)