Superkomputer MSU-270 Rusia untuk Kembangkan AI Telah Online

Minggu, 03 September 2023 - 08:23 WIB
loading...
Superkomputer MSU-270 Rusia untuk Kembangkan AI Telah Online
Lomonosov Moscow State University (MSU) telah meluncurkan superkomputer barunya bernama MSU-270 dengan kekuatan komputasi puncak 400 AI PetaFLOPS. Foto/sdelanounas
A A A
MOSKOW - Lomonosov Moscow State University (MSU) Rusia telah meluncurkan superkomputer barunya bernama MSU-270 dengan kekuatan komputasi puncak 400 'AI' PetaFLOPS. Superkomputer ini akan digunakan untuk berbagai aplikasi kecerdasan buatan (AI) dan komputasi kinerja tinggi (HPC) serta untuk melatih model AI besar.

Superkomputer MSU-270 MSU disebutkan didasarkan pada sekitar 100 akselerator grafis terbaru dan sistem baru untuk pasokan energi, pendinginan, dan komunikasi. Pengembangan mesin ini sejalan dengan rencana jangka panjang MSU, untuk mencapai berbagai kemajuan pada tahun 2030.

“Kami telah memulai peluncuran proyek ini. Kami yakin mulai saat ini, superkomputer MSU-270 telah beroperasi,” kata Viktor Sadovnichy, rektor MSU saat mempresentasikan proyek tersebut di Fakultas Matematika Komputasi dan Sibernetika dikutip SINDOnews dari laman tomshardware, Minggu (3/9/2023).



Rusia tidak terlalu terkenal dengan GPU, kemungkinan besar mesin tersebut menggunakan GPU komputasi dari perusahaan seperti AMD, Biren Technology, Intel, atau Nvidia. Namun, baik AMD maupun Nvidia tidak dapat mengirimkan GPU berperforma tertinggi ke Rusia dan China berdasarkan aturan ekspor terbaru di AS.

Sebelumnya, semua superkomputer MSU menggunakan perangkat keras Nvidia, namun untuk MSU-270 masih tidak disebutkan dari mana asalnya. MSU-270 akan diintegrasikan ke dalam jaringan umum pusat superkomputer ilmiah Rusia, sehingga memperluas kegunaannya di luar MSU.
Superkomputer MSU-270 Rusia untuk Kembangkan AI Telah Online


Superkomputer tersebut akan digunakan untuk mengembangkan alat baru berdasarkan kecerdasan buatan. Termasuk algoritma untuk analisis data ekstensif dan metode untuk perlindungan layanan AI.

Selain AI, sistem ini akan mendukung penelitian di berbagai bidang, seperti fisika, kimia, biologi, psikologi, sosiologi, geologi, dan kedokteran. Selain penelitian, MSU-270 akan memainkan peran penting dalam pendidikan dan pelatihan spesialis AI.



“Fakultas kami telah menjalankan program akademik untuk melatih spesialis di bidang AI untuk tahun kedua, salah satu yang terbaik di dunia,” kata Igor Sokolov, Dekan Fakultas Matematika Komputasi dan Sibernetika.

Meskipun 400 PetaFLOPS memiliki performa yang luar biasa, perlu dicatat bahwa inilah yang disebut PetaFLOPS 'AI', yang mungkin berarti format data FP16. Superkomputer dengan performa tertinggi di Rusia ini memiliki performa Rmax sekitar 21,5 FP64 PetaFLOPS dan performa Rpeak sekitar 29,5 FP 64 PetaFLOPs.

Sayangnya, MSU tidak mengungkapkan kinerja FP64 dari mesin MSU-270 miliknya (walaupun besarnya lebih rendah dari 400 PetaFLOPS). Namun, mesin tersebut mungkin bisa menjadi mesin tercepat di negara tersebut.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4447 seconds (0.1#10.140)