Cara Mengatasi Ponsel Lemot, Mudah Banget

Selasa, 03 Oktober 2023 - 17:45 WIB
loading...
Cara Mengatasi Ponsel Lemot, Mudah Banget
Menghadapi ponsel lemot tentu sangat menjengkelkan lantaran aktivitas yang dilakukan di perangkat jadi terhambat. Foto/FreeCodeCamp
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi telepon selular ( ponsel ) lemot banyak dicari orang. Seperti diketahui bersama, ponsel lemot menjadi salah satu masalah yang paling sering dijumpai, tak peduli itu Android maupun iOS.

Menghadapi ponsel lemot tentu sangat menjengkelkan lantaran aktivitas yang dilakukan di perangkat jadi terhambat. Tapi jangan khawatir karena ponsel lemot bisa diatasi dengan langkah mudah.

Cara mengatasi ponsel lemot bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Lantas bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya, seperti dilansir dari Asurion, Selasa (3/10/2023).

1. Hapus cache

Setiap ponsel memiliki cache atau file sampah. Jika tidak dibersihkan dalam waktu lama maka akan membuat performa ponsel jadi lemot lantaran kapasitas RAM dan memori termakan. Agar hal ini tidak terjadi, rutinlah menghapus cache di ponsel.



Untuk melakukannya bisa masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih opsi Aplikasi. Setelah itu buka satu per satu folder aplikasi dan klik opsi Penyimpanan. Langkah selanjutnya adalah dengan klik Hapus Cache.

2. Hapus aplikasi dan file yang tidak perlu

Agar ponsel dapat berjalan dengan lancar, yang perlu dilakukan adalah memastikan penyimpanan internal tidak penuh. Terlalu banyak aplikasi dan file seperti foto dan video tidak baik untuk perangkat, maka hapuslah aplikasi dan file yang tidak perlu.

3. Perbarui sistem operasi

Setiap pembaruan sistem operasi pastinya menyertakan kode perangkat lunak dan dalam beberapa kasus dapat memengaruhi fungsionalitas perangkat. Jadi, agar terhindar dari masalah ini, pastikan untuk update sistem operasi secara berkala.

4. Perbarui aplikasi

Selain sistem operasi, aplikasi yang diinstal pada perangkat juga harus diperbarui untuk kinerja yang lebih lancar dan sistem yang lebih aman. Selain agar tidak menimbulkan masalah di ponsel, juga untuk memastikan seluruh fitur berjalan dengan baik.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3564 seconds (0.1#10.140)