Antara Kata Sandi dan Kunci Sandi, Lebih Aman Mana?

Sabtu, 30 September 2023 - 21:05 WIB
loading...
A A A


Kabar baiknya sebagian besar ponsel dan PC terbaru dapat menggunakan kunci sandi, berkat kolaborasi perusahaan teknologi besar seperti Microsoft, Google, dan Apple. Perusahaan-perusahaan ini telah mengembangkan kunci sandi menggunakan standar FIDO Alliance dan W3C.

Jika seseorang memiliki iPhone yang menjalankan iOS 16+, iPad yang menjalankan iPadOS 16+, atau Mac yang menjalankan macOS Ventura, dapat menggunakan kunci sandi dengan TouchID atau FaceID sebagai ganti kata sandi utama.

Untuk membuat kunci sandi di iOS dan macOS, perlu mengaktifkan Rantai Kunci iCloud di perangkat terlebih dahulu. Lalu, saat mendaftar akun baru di situs web atau aplikasi pendukung, pengguna dapat memilih untuk menggunakan kunci sandi dan bukan kata sandi.

Pengguna dapat masuk dengan kunci sandi menggunakan Touch ID, Face ID, atau kode QR. Untuk membuat kunci sandi, pengguna harus memiliki akun di penyedia yang mendukung kunci sandi, seperti Microsoft, Google, atau Apple. Kemudian, masuk ke aplikasi atau situs web yang mendukung kunci sandi dan mengaktifkan opsi kunci sandi. Setelah melakukannya, kunci sandi yang unik untuk akun dan perangkat telah ter-setting.

Kunci sandi di Windows 10 dan Windows 11 dimulai dengan masuk akun Microsoft terlebih dulu. Sedangkan untuk browser web, dapat menggunakan kunci sandi dengan Chrome, Edge, Safari atau Firefox, karena semuanya mendukung teknologi baru ini. Pengguna hanya perlu memastikan bahwa aplikasi diperbarui ke versi terbaru.

Jika memiliki ponsel atau tablet Android yang menjalankan Android 9+, dapat menggunakan kunci sandi dengan Pengelola Kata Sandi Google. Layanan ini berfungsi menyimpan dan menyinkronkan kata sandi di seluruh perangkat pengguna. Sedangkan bagi yang memiliki PC Windows , dapat menggunakan kunci sandi dengan Windows Hello.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)