Mempermudah Pengelolaan Password, Google Perbarui Keamanan Chrome

Sabtu, 10 Juni 2023 - 06:46 WIB
loading...
Mempermudah Pengelolaan Password, Google Perbarui Keamanan Chrome
Password Manager akan memiliki rumah baru di menu Pengaturan Chrome. FOTO/ CNET
A A A
MENLO PARK - Google kabarnya sedang mengerjakan pembaruan keamanan yang cukup besar di Chrome. Dilaporkan akan ada tujuh fitur baru yang bisa dinikmati baik pengguna di desktop maupun iOS.



Dihimpun dari Techradar, Sabtu (9/6/2023) empat dari fitur tersebut saat ini sedang menuju untuk tersedia bagi pengguna desktop. Dan semuanya melibatkan perangkat lunak Password Manager yang dikembangkan oleh perusahaan.

Mulai dari atas, Password Manager akan memiliki rumah baru di menu Pengaturan Chrome. Di sana, pengguna akan dapat mengelola kredensial login mereka atau menyesuaikan pengaturan keamanan mereka sesuai dengan selera.

Selain menyediakan opsi baru di pengaturan, pembaruan juga bisa diakses di pintasan desktop. Ini sangat berguna sekaligus memudahkan bagi pengguna yang lebih menyukai pendekatan pengaturan yang lebih langsung.

Raksasa teknologi itu juga menambahkan kemampuan untuk menulis catatan untuk login tertentu. Fitur ini bakal sangat bermanfaat untuk pengguna yang memiliki banyak akun untuk satu situs web, tetapi kesulitan mengingat setiap detailnya.

Pengguna dapat mengeklik ikon kunci di bilah alamat Chrome untuk membuka menu konteks, mengungkapkan catatan akun yang berisi detail untik login. Mengklik ikon pensil memungkinkan merek untuk melakukan pengeditan.

Selanjutnya, perusahaan akan mengizinkan pengguna untuk mengimpor password dari pengelola pihak ketiga ke Chrome di desktop. Ini dimungkinkan dengan mengonversi kredensial mereka menjadi file .csv sebelum mengunggah apa pun ke browser.

Namun, tampaknya alat hanya dapat memasukkan informasi dari aplikasi tertentu. Aplikasi tersebut adalah Microsoft Edge, Safari, 1Password, Bitwarden, Dashlane, dan LastPass. Tidak ada kabar tentang rencana masa depan untuk mendukung sumber lain.

Chrome di desktop juga turut mendapatkan autentikasi biometrik, sesuatu yang eksklusif untuk aplikasi seluler hingga saat ini. Google menyatakan bahwa mengaktifkan ini akan menambah lapisan keamanan kedua sebelum kredensial pengisian otomatis.

Jenis autentikasi biometrik yang didukung Chrome pada akhirnya bergantung pada komputer yang digunakan. Jika laptop memiliki pemindai wajah atau hanya memungkinkan untuk pemindaian sidik jari, maka itulah yang akan digunakan.

Di iOS, Pemeriksaan Kata Sandi di Chrome akan mulai menandai proses masuk yang salah. Alat tersebut akan mendesak prngguna untuk mengubah informasi jika mendeteksi kata sandi yang lemah, digunakan kembali, atau disusupi.

Pembaruan iOS lainnya terdiri dari perubahan desain kecil untuk membuat beberapa hal lebih mudah dilakukan. Permintaan Isi Otomatis akan dibuat lebih besar, dan setiap kali prngguna meninjau kredensial tersimpan di Pengaturan, beberapa akun akan dikelompokkan bersama.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)