Hemat Energi, Ini 7 Keunggulan Lampu LED untuk Hunian

Selasa, 12 September 2023 - 13:00 WIB
loading...
Hemat Energi, Ini 7 Keunggulan Lampu LED untuk Hunian
Keunggulan lampu LED untuk hunian menarik untuk dipahami, agar konsumen tidak salah memilih lampu di rumahnya. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Keunggulan lampu LED dibandingkan lampu standar terletak pada tingkat keterangannya. LED juga dipilih karena dianggap jauh lebih hemat daya.

LED atau Light Emitting Diode merupakan sumber penerangan yang paling baik untuk pencahayaan. Lampu LED juga telah digunakan oleh semua orang. Biasanya, digunakan untuk lampu tidur , lampu taman, lampu baca dan keperluan pencahayaan lainnya.

Lampu LED juga diklaim memberikan kenyamanan pada mata . Aktivitas di ruangan pun jadi lebih lancar dan nyaman. Berikut, kelebihan lampu LED yang perlu Anda ketahui.

Keunggulan Lampu LED

1. LED Lebih Hemat Listrik

Secara umum, lampu LED menggunakan listrik lebih sedikit dari lampu lainnya. Banyak studi yang menunjukkan bahwa lampu LED bisa mengefisienkan penggunaan energi hingga sebesar 60%-70% lebih baik dari lampu jenis lainnya. Tidak heran bila banyak kendaraan yang menggunakan lampu LED speedometer untuk menghemat listrik.

2. Umur LED Lebih Panjang

Lampu LED cenderung lebih tahan lama dibandingkan jenis lampu lainnya. Lampu LED setidaknya bisa bertahan 2-4 kali lebih lama ketimbang lampu jenis lain. Tepatnya, kemampuan bertahan rata-rata lampu LED bisa mencapai 50.000-100.000 jam.

3. LED Ramah Lingkungan

Lampu LED lebih ramah lingkungan karena penggunaan energi pada lampu LED lebih rendah. Selain itu, lampu LED tidak menggunakan merkuri secara internal sehingga membuat lampu LED tidak berbahaya untuk lingkungan.

4. LED Kompatibel Dengan Teknologi Dim

Lampu LED sangat kompatibel dengan teknologi dimming karena memang pada dasarnya lampu LED berfungsi pada persentase yang bisa ditentukan (0-100%). Jadi, jika kamu ingin memanfaatkan fitur dim seperti untuk lampu tidur, gunakan switch yang memungkinkan untuk dimming lampu.

5. LED Punya Daya Render (CRI) yang Baik

Color Rendering Index adalah daya lampu dalam menunjukkan warna-warna asli dari sebuah objek ketika dibandingkan dengan sumber cahaya (cahaya alami). Secara umum, nilai CRI pada lampu LED cukup tinggi – lebih tinggi daripada lampu-lampu jenis lainnya.

6. LED Punya Desain Lebih Fleksibel

Bentuk LED yang kecil membuatnya fleksibel untuk ditempatkan di mana saja, dari mulai digantung hingga menjadi lampu tempel. Kebutuhan penerangan apapun dapat terpenuhi dengan LED tanpa mengorbankan estetika ruangan, cocok buatmu yang ingin mengoptimalkan desain sebuah ruangan.

7. LED Tidak Memproduksi Emisi UV

Berbeda dengan lampu lainnya, LED hanya memproduksi cahaya spektrum kacamata dan spektrum infrared, bukan UV. Hal ini tentunya membuat LED dapat menghindarkan penggunanya dari bahaya-bahaya yang dapat disebabkan sinar UV pada kulit. Ini yang membuat lampu LED populer digunakan sebagai lampu belajar.

Itulah keunggulan lampu LED dibandingkan lampu standar. Dapatkan diskon hingga 60 persen untuk produk lampu LED Philips. Dapatkan pula fasilitas gratis ongkir hanya di AladinMall. Untuk mendapatkan promo belanja hemat lainnya, download langsung aplikasi AladinMall di PlayStore .
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3328 seconds (0.1#10.140)