3 Tips agar Kabel Charger iPhone Tidak Mudah Rusak

Rabu, 06 September 2023 - 12:57 WIB
loading...
3 Tips agar Kabel Charger iPhone Tidak Mudah Rusak
Penyebab sering rusaknya kabel charger iPhone karena kebiasaan pengguna menggunakan dan menyimpan kabel charger dengan tidak benar. (Foto: Mashable)
A A A
JAKARTA - Kabel charger iPhone sering menjadi keluhan para penggunanya. Lantaran sering bermasalah, ada 3 tips agar kabel iPhone tidak mudah rusak.

Sejumlah pengguna ponsel premium pabrikan Apple ini mengeluhkan kabel charger tidak bertahan lama, mudah rusak dan sering kali tidak bisa mengisi daya iPhone dengan benar.

Penyebab sering rusaknya kabel charger iPhone karena kebiasaan pengguna menggunakan dan menyimpan kabel charger dengan tidak benar.

Berikut 3 tips agar kabel charger iPhone tidak mudah rusak:



1. Gunakan Kabel Asli

Pastikan menggunakan kabel charger asli dari Apple atau kabel berkualitas tinggi yang kompatibel dengan perangkat. Kabel berkualitas rendah atau palsu cenderung lebih rentan terhadap kerusakan karena bahan yang kurang tahan lama.

Gunakan kabel iPhone orisinal yang dibeli di toko distributor resmi Apple, iBox misalnya, kabel charger iPhone dijual dengan harga Rp399.000. Tetapi jika membeli kabel charger iPhone palsu seharga Rp25.000 sampai Rp50.000, sudah dipastikan kabel charger iPhone akan mudah rusak.

2. Melipat kabel dengan benar

Melipat kabel charger iPhone secara berlebihan, terutama di sekitar konektor atau area yang rentan, dapat merusak lapisan pelindung kabel dan bahkan merusak kabel di dalamnya. Saat menyimpan kabel, usahakan melakukannya dengan cara yang rapi dan tidak membelit kabel terlalu kencang.

Lipat kabel charger dengan benar

Para pengguna Apple atau iPhone biasanya tidak terlalu memikirkan cara melipat kabel charger yang benar karena menurut dianggap sepele. Biasanya pengguna hanya melipat sesuai dengan tas yang digunakan untuk membawa kabel charger tersebut.


3. Hindari Tekanan Berlebihan pada Kabel

Hindari menekan atau menekuk kabel charger terlalu kuat, terutama di dekat ujung konektor. Tekanan yang berlebihan dapat merusak kabel dan mengganggu konektivitas. Selain itu, hindari menggantungkan perangkat dari kabel, karena ini dapat memberikan beban ekstra pada kabel dan konektor.

Hal ini juga sering dilakukan oleh pengguna kabel charger Apple atau iPhone. Biasanya pengguna mengisi daya sambil digunakan seperti bermain game, atau menelepon saat mengisi daya.

Demikian 3 tips kabel charger iPhone agar tidak mudah rusak. Selamat mencoba semoga bermanfaat.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)