Chip 32-bit dan 16-bit Bikinan Iran yang Tak Kalah Canggih dengan Inovasi AS

Senin, 04 September 2023 - 14:13 WIB
loading...
Chip 32-bit dan 16-bit Bikinan Iran yang Tak Kalah Canggih dengan Inovasi AS
Ilustrasi Chip 32-bit dan 16-bit buatan Iran. FOTO/ CNET
A A A
TEHERAN - Mengurangi ketergantungan pada Negara Barat, Iran memproduksi chip untuk mendukung inovasi teknologi negaranya.



Seperti dilansir dari Teheran News, chip atau yang dikenal juga sebagai Integrated Circuit (IC) adalah sekumpulan komponen listrik yang terdiri dari transistor, dioda, kapasitor, dan resistor.

Komponen-komponen tadi tersusun ke dalam satu unit yang membentuk sebuah sirkuit atau alur listrik yang dibangun di atas substrat tipis berbahan semikonduktor dan umumnya adalah silikon, karbon, dan germanium. Itulah kenapa chip ini dikenal sebagai chip semikonduktor.

Keberhasilan Iran telah memproduksi chip 32-bit dan 16-bit untuk komputer. Ini merupakan pencapaian penting bagi Iran, yang telah berupaya mengurangi ketergantungannya pada teknologi asing.

Chip 32-bit adalah jenis chip komputer yang paling umum digunakan. Chip ini digunakan dalam berbagai perangkat, mulai dari komputer desktop dan laptop hingga ponsel cerdas dan tablet.

Chip 16-bit adalah jenis chip komputer yang lebih lama dan kurang umum digunakan. Chip ini digunakan dalam beberapa perangkat elektronik, seperti konsol game dan mesin kasir.

Pengembangan chip 32-bit dan 16-bit oleh Iran merupakan langkah penting menuju kemandirian teknologi.

Chip ini dapat digunakan untuk memproduksi berbagai perangkat elektronik, yang dapat membantu Iran mengurangi ketergantungannya pada impor teknologi asing.

Pengembangan chip 32-bit dan 16-bit oleh Iran merupakan pencapaian penting yang dapat berdampak positif bagi negara ini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)