China dan Iran Produksi Chip Semikonduktor Berteknologi AI, AS Panas Dingin

Senin, 04 September 2023 - 09:51 WIB
loading...
China dan Iran Produksi Chip Semikonduktor Berteknologi AI, AS Panas Dingin
China dan Iran Produksi Chip Semikonduktor Berteknologi AI, FOTO/ DAILY
A A A
NEW YORK - Perang dingin antara China dan Amerika Serikat semakin memanas, khususnya dengan aturan pembatasan ekspor teknologi AS ke China.

BACA JUGA - Iran dan Rusia Kompak Pakai Teknologi Ini untuk Lawan Barat

Namun, perusahaan teknologi china tidak tinggal diam dan berusaha memenuhi kebutuhan semikonduktor dengan solusi dalam negeri yang mengesankan.

Perusahaan kecerdasan buatan (AI) asal china, HKUST Xunfei, mengumumkan kerja sama dengan Huawei dalam upaya untuk mengatasi krisis chip.

Pendiri perusahaan, Liu Qingfeng, menyatakan bahwa Huawei telah mengembangkan GPU AI yang setara dengan A100 buatan Nvidia. Selain itu, mereka juga berencana meluncurkan model bahasa besar (LLM) yang akan bersaing dengan GPT-4.

“Perangkat keras ini akan sangat canggih dan mampu menjalankan LLM seperti GPT-3 dan GPT-4 dengan kinerja yang tinggi.” tutur Liu Qingfeng seperti dilansir SCMP, Senin (4/9/2023).

Meskipun detail spesifikasi belum diungkapkan, klaim ini menunjukkan potensi besar bagi pasar chip AI China.
Saat ini, chip A100 dari Nvidia merupakan GPU AI terbaik kedua di pasar, dengan perangkat keras Hopper menjadi yang terdepan.

Jika GPU AI China ini dapat memenuhi klaimnya, pasar china kemungkinan akan beralih ke produk dalam negeri untuk memenuhi permintaan AI mereka.

Sementara itu, HKUST Xunfei juga mengumumkan rencana meluncurkan model bahasa besar serba guna (LLM) baru pada oktober mendatang.

LLM ini akan bersaing dengan ChatGPT dan memiliki versi dalam bahasa china dan Inggris. Meskipun mengakui bahwa LLM mereka mungkin belum setara dengan chatgpt pada awalnya, mereka berambisi menempatkannya sejajar dengan GPT-4 pada paruh pertama 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)