Iran dan Rusia Kompak Pakai Teknologi Ini untuk Lawan Barat

Senin, 15 Mei 2023 - 16:44 WIB
loading...
Iran dan Rusia Kompak Pakai Teknologi Ini untuk Lawan Barat
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Iran Ebrahim Raise. FOTO/ Asia Times
A A A
TEHERAN - Kemajuan teknologi digital terbukti tak membuat seorang atau suatu negara mati gaya. Hal ini terbukti dengan apa yang dilakukan Rusia dan Iran di tengah sanksi ekonomi yang mereka pikul.



Duta Besar Iran untuk Rusia Kazem Jalali mengatakan Teheran dan Moscow sedang mendiskusikan kemungkinan mengenali kartu menggunakan sistem pembayaran Mir Rusia.

“Masalahnya ada dalam agenda, yang sedang kami diskusikan dengan rekan-rekan Rusia kami,” kata Jalali pada konferensi pers .

Mir adalah sistem pembayaran Rusia untuk transfer dana elektronik yang didirikan oleh Bank Sentral Rusia berdasarkan undang-undang yang diadopsi pada 1 Mei 2017.

Iran juga tengah mempertimbangkan penggunaan uang digital Iran disebut crypto rial. Tapi meskipun namanya crypto, uang ini berbeda dengan aset kripto pada umumnya, seperti Bitcoin.

Crypto-rial adalah mata uang digital bank sentral (CBDC) dan dipatok ke mata uang nasional Iran dengan rasio 1:1. Tujuan uang ini diciptakan adalah untuk bersaing dengan stablecoin global.

Mata uang digital yang dikembangkan menggunakan Hyperledger Fabric, blockchain perusahaan sumber terbuka yang didirikan oleh raksasa teknologi Amerika Serikat IBM.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)