India Resmikan Sekolah AI Pertama, ChatGPT Bakal Gantikan Guru?

Senin, 28 Agustus 2023 - 22:24 WIB
loading...
India Resmikan Sekolah AI Pertama, ChatGPT Bakal Gantikan Guru?
India mendirikan sekolah AI bernama Santhigiri Vidyabhavan di negara bagian Kerala. (Foto: Firstpost)
A A A
JAKARTA - Teknologi kecerdasan buatan (AI) telah memasuki berbagai lini kehidupan dan akan mengubah peradaban manusia di masa mendatang.

India yang baru saja sukses mendaratkan pesawat luar angkasa di Bulan, menyambut era baru ini dengan mendirikan sekolah AI pertama, Santhigiri Vidyabhavan, di negara bagian Kerala.

Lantas apakah di sekolah ini AI akan menggantikan peran guru?

Dikutip dari Firstpost, Senin (28/8/2023), peresmian sekolah AI pertama ini dilakukan oleh mantan Presiden India, Ram Nath Kovind.

Sekolah ini adalah pilot project institusi pendidikan yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dan sistem teknologi canggih untuk meningkatkan pengalaman belajar bagi siswa.



Hal ini mencakup integrasi teknologi AI, seperti pembelajaran mesin, pemrosesan bahasa alami, dan analisis data, ke dalam berbagai aspek pendidikan, termasuk perancangan kurikulum, pendekatan pembelajaran yang disesuaikan untuk sekelompok siswa, evaluasi, dan pendampingan siswa dalam berbagai tantangan akademik.

Namun, tidak berarti bahwa sekolah hanya akan menampilkan instruktur AI seperti ChatGPT di kelas. Konsep AI menggantikan peran guru masih belum diterapkan.

Menurut laporan Mathrubhoomi, pendirian sekolah AI pertama ini merupakan hasil kolaborasi antara iLearning Engines (ILE) USA dan Vedhik eSchool.

Vedhik eSchool menyatakan bahwa pendekatan pembelajaran inovatif ini siap memberikan pendidikan berkualitas tinggi. Di sekolah AI, pembelajaran dibuat lebih menarik ketimbang sekolah konvensional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)