Selamat Tinggal Lupa Kata Sandi, Pakai 3 Trik Sederhana Ini

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 10:34 WIB
loading...
Selamat Tinggal Lupa Kata Sandi, Pakai 3 Trik Sederhana Ini
Lupa kata sandi seringkali menjadi problem fatal karena menyebabkan akun terblokir. (Foto: Mirror)
A A A
JAKARTA - Lupa kata sandi seringkali menjadi problem fatal karena menyebabkan akun terblokir. Namun, kini semakin banyak teknologi yang memungkinkan mengingat kata sandi, mulai dari biometrik hingga pengelola password.

Jadi ucapkan selamat tinggal pada lupa kata sandi dengan rangkaian huruf, karakter khusus, dan angka yang berbeda di berbagai akun. Dikutip dari Mirror, Sabtu (26/8/2023), berikut cara mudah mengingat kata sandi.

Aktifkan autentikasi

Tahun lalu, raksasa teknologi seperti Apple, Google dan Microsoft mengumumkan rencana menghapuskan kata sandi dan menggantikannya dengan autentikasi dua langkah. Kini beberapa akun online sudah menerapkan kode masuk yang dikirim dari ponsel, bukan memasukkan kata sandi rumit.

Langkah ini memang bukan solusi sempurna lantaran bisa jadi kita tidak memegang handphone atau perangkat kehabisan daya. Namun, setidaknya tidak perlu lagi menginggat password dan cara ini jauh lebih aman.



Pakar keamanan siber menyarankan memakai autentikasi dua langkah karena lebih sederhana. Tinggal klik ‘ya’ ketika mendapatkan pop-up yang menanyakan apakah ingin menggunakannya.

Face ID dan sidik jari

Mengaktifkan biometrik seperti Face ID atau pemindaian sidik jari di ponsel akan membuat pembukaan kunci perangkat lebih cepat dan mudah.

Salah satu alasan login dua langkah berfungsi dengan baik adalah karena smartphone memiliki fitur perlindungan sendiri. Dengan kata lain, orang lain akan kesulitan mengakses kode login dua langkah jika perangkat dilindungi dengan login sidik jari atau pengenalan wajah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2314 seconds (0.1#10.140)