7 Aplikasi Cek Kualitas Udara di Android dan iPhone, Ada Buatan Indonesia

Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:53 WIB
loading...
7 Aplikasi Cek Kualitas Udara di Android dan iPhone, Ada Buatan Indonesia
Aplikasi cek kualitas udara di Android dan iPhone penting untuk diketahui. Foto: Nafas Indonesia
A A A
JAKARTA - Ada banyak aplikasi cek kualitas udara yang bisa digunakan pada perangkat Android maupun iPhone. Beberapa di antaranya tersedia dalam versi gratis serta premium berbayar.

Kualitas udara di dunia berangsur-angsur memburuk. Termasuk juga di kota Jakarta. Bahkan, kualitas udara di Jakarta belakangan ini disebut terburuk di dunia. Kondisi ini bisa berdampak buruk bagi masyarakat yang kerap beraktivitas di ruangan terbuka.

Selain menggunakan masker atau menghindari terlalu banyak di luar ruangan, hal lain yang bisa dilakukan adalah mengecek kualitas udara lewat aplikasi.
Platform ini memungkinkan pengguna mengetahui kondisi kualitas udara di sekitarnya.

Lantas, apa sajakah aplikasi cek kualitas udara di Android dan iPhone yang bisa digunakan? Berikut beberapa rekomendasinya.

Aplikasi Cek Kualitas Udara di Android dan iPhone

1. IQAir AirVisual

AirVisual menyediakan layanan untuk mengukur serta memantau kondisi polusi udara di tingkat kota. Setelah pengguna memilih lokasi yang ditentukan, nantinya aplikasi cek kualitas udara ini akan mengambil data polusi dari pusat terdekat.

Demi menjaga keakuratan data, AirVisual juga mengekstrak informasi polusi dari situs resmi pemerintah. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur berupa peta grafis untuk melihat status polusi di tempat-tempat tertentu melalui globe.

Bagi Anda yang ingin menggunakannya, IQAir Air Visual tersedia di perangkat Android dan iOS. Pengguna bisa mengunduhnya langsung melalui Play Store ataupun App Store.

2. Nafas

Nafas adalah aplikasi cek kualitas udara buatan Tanah Air. Dikembangkan NAFAS Indonesia, platform ini telah diunduh lebih dari 100 ribu kali di Play Store. Nafas dirancang untuk membantu mengelola informasi terkait paparan polusi udara. Aplikasi ini terhubung dengan jaringan sensor kualitas udara luar ruangan yang tersebar dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bali, dan lainnya.

Kemudian, mereka juga memiliki fitur seperti Clean Air Zone. Opsi tersebut memungkinkan penggunanya untuk mengakses direktori lokasi publik di Jakarta yang memiliki kualitas udara dalam ruangan yang sehat.

3. Air Matters

Air Matters menjadi salah satu platform cek kualitas udara yang sudah lama hadir. Mereka menampilkan kualitas udara secara real-time untuk lebih dari 180 negara. Pada penggunaannya, Air Matters menunjukan indeks kualitas udara yang diperoleh dari data stasiun pemantauan terdekat. Versi gratis aplikasi ini didukung oleh iklan, sedangkan untuk varian premium tersedia dengan harga tahunan.

4. BreezoMeter

Aplikasi cek kualitas udara berikutnya adalah BreezoMeter. Platform ini memungkinkan pengguna mendapatkan informasi seputar kualitas udara, cuaca, hingga peringatan kebakaran.

Memanfaatkan teknologi canggih secara produktif, BreezoMeter dapat menghitung kualitas udara secara real-time dan akurat. Aplikasi ini telah tersedia pada lebih dari 92 negara termasuk Indonesia dan bisa diunduh dengan mudah.
Pada penggunaannya, BreezoMeter memiliki lebih dari 7.000 stasiun pemantauan kualitas udara resmi di seluruh dunia. Aplikasi ini diunduh di perangkat Android maupun iOS.

5. Plume Labs

Plume Labs menawarkan informasi dari kualitas udara di kota-kota besar seluruh dunia. Menariknya, platform ini menyajikan perkiraan yang diperbarui setiap jamnya, sehingga datanya akan lebih akurat.

Aplikasi ini membantu para pengguna untuk merekomendasikan waktu terbaik keluar rumah. Di Play Store, Plume Labs telah diunduh lebih dari 100 ribu kali dan mendapat rating 4,1/5.

6. Air Quality & Pollen

Berikutnya ada Air Quality & Pollen. Platform ini dikembangkan oleh AirCare by EarthCare. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan tepat ketika Anda mencari platform cek kualitas udara. Di Play Store, Air Quality & Pollen telah diunduh sebanyak lebih dari 100 ribu kali.


7. Shoot! I Smoke

Aplikasi ini sejatinya menampilkan konversi indeks kualitas udara menjadi jumlah rokok yang dikonsumsi. Namun, pengguna juga bisa melihat tingkat polutan melalui opsi ‘Lihat Lebih Detail’.

Aplikasi ini ditampilkan di beberapa media besar karena pendekatannya yang unik terhadap Indeks Kualitas Udara. Itulah deretan aplikasi cek kualitas udara yang bisa digunakan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)