Bidik Pasar Eropa, Sandiaga Uno Dukung Game Lokal di Ajang Gamescom

Selasa, 15 Agustus 2023 - 15:18 WIB
loading...
Bidik Pasar Eropa, Sandiaga Uno Dukung Game Lokal di Ajang Gamescom
Kemenparekraf mempromosikan 11 perusahaan game lokal di ajang Gamescom. (Foto: Novie Fauziah)
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung game lokal di ajang Gamescom pada 23-27 Agustus 2023 di Koelnmesse, Koln, Jerman.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga ikut ambil bagian untuk mempromosikan 11 perusahaan game lokal di ajang tersebut. Sebab, potensi industri game meningkat signifikan dari tahun ke tahun.

"Pelaku industri game lokal bisa mengakhiri dominasi developer game dari luar negeri dan memimpin pasar dalam negeri. Generasi penerus pengembang game lokal harus hadir. Ekosistem digital di Indonesia harus kita perkuat," katanya dalam Weekly Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin 14 Agustus 2023.

Sandiaga Uno menjelaskan, ajang games tersebut terselenggara berkat kolaborasi dengan Kemenkominfo, Kemendag, Disparekraf DKI, KBRI Berlin, KJRI Frankfurt, ITPC Hamburg, Asosiasi Game Indonesia, dan Asosiasi Cakra.



Sementara itu, Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Berlin Andri Nugroho menambahkan, pasar game di Jerman terbesar di Eropa. Pada 2024 diperkirakan ada 84 miliar Euro uang berputar di industri game di Jerman.

“Untuk itu kita ingin memanfaatkan potensi dan talent-talent games di Indonesia yang keren-keren bukan hanya menawarkan produk tapi juga menjadi bagian dari industri game di Jerman,” ujarnya.

Partisipasi pada Gamescom ini dilaksanakan oleh Direktorat Pemasaran Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang Pemasaran. Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga jajaran eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf secara offline dan online.



Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini menambahkan, bahwa pihaknya mengusung tagline “Games From Indonesia” agar bisa bergema di Jerman.

Pihaknya ingin menunjukkan, kalau Indonesia bisa menjadi pemain di industri game di dunia. Hal ini karena Indonesia memiliki talenta-talenta berbakat dalam membuat dan bermain game.

“Kami ingin tunjukkan kepada dunia kalau Indonesia bukan hanya market tapi bisa juga menjadi ‘pemain’ di industri game dunia karena kita memiliki talent-talent yang bagus,” katanya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5943 seconds (0.1#10.140)