iPhone 14 Selamatkan Nyawa Pengemudi Mobil yang Terjun ke Jurang Karena Fitur Ini

Selasa, 25 Juli 2023 - 08:57 WIB
loading...
iPhone 14 Selamatkan Nyawa Pengemudi Mobil yang Terjun ke Jurang Karena Fitur Ini
Fitur Crash Detection di iPhone 14 ternyata bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Foto: Apple Insider
A A A
AMERIKA - Seorang pengemudi mobil berhasil selamat dari kecelakaan . Bahkan saat mobilnya terjun ke jurang. Penyebabnya? Ada iPhone 14 yang mengirimkan pesan darurat.

Peristiwa tersebut bermula ketika ada pengemudi mengendarai mobil di area perbukitan di California, Amerika Serikat. Ketika berada di jalan Mt Wilson Road, mobil yang dia kemudikan tiba-tiba keluar jalur.

Alhasil mobil tersebut langsung terjun ke jurang. Tidak main-main, mobil itu jatuh dari ketinggian 122 meter. Mobil yang jatuh langsung ringsek dan membuat sopir mengalami luka parah di bagian kepala.

"Dia jatuh dari ketinggian 122 meter," ucap Steve Goldsworthy, salah satu tim penyelamat dari Rescue Operations Leader of Montrose Search and Rescue.
Steve mengatakan, tidak ada jalan keluar karena memang mobil terjebak di jurang. Parahnya lagi tidak ada satu pun pengguna jalan yang melihat kejadian
nahas tersebut.

Untungnya ponsel pribadi pengemudi tersebut bekerja dengan baik. Kebetulan sopir tersebut memiliki iPhone 14 yang memiliki fitur Crash Detection atau Deteksi Tabrakan.

Ponsel tersebut juga punya fitur canggih Emergency SOS yang terhubung via satelit. Kedua fitur itu justru bekerja dengan cepat ketika mendeteksi adanya kecelakaan yang dialami sopir nahas.

Saat peristiwa terjadi, Crash Detection di iPhone 14 berupaya melaporkan kejadian itu ke layanan darurat terdekat. Hanya saja saat itu menurut Apple Insider ponsel tidak mendapatkan sinyal yang cukup karena lokasi jurang yang sangat dalam.

Di saat itu fitur lainnya mulai bekerja yakni Emergency SOS via Satelit. Fitur itu kemudian berupaya mengirimkan laporan permintaan bantuan ke layanan darurat.

Hanya saja, ternyata fitur tersebut tidak bisa berjalan otomatis. Pemilik iPhone 14 bisa menjalankan fitur itu jika berada di luar ruangan dan mengarahkan ponsel ke satelit.

"Kemungkinan besar korban bisa keluar dari mobil dan menjalankan fitur penting itu," duga Apple Insider.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)