Cara Cek IP Address Penipu Online, Wajib Tahu!

Senin, 24 Juli 2023 - 19:12 WIB
loading...
Cara Cek IP Address Penipu Online, Wajib Tahu!
Cara cek IP address penipu online penting dipahami agar tidak tertipu. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara cek IP address penipu online ternyata bisa dilakukan. Ini penting, mengingat banyaknya kasus penjahat siber belakangan yang melakukan berbagai modus penipuan.

IP Address sendiri merupakan deretan bilangan biner di antara 32 bit hingga 128 bit yang dipakai sebagai media untuk mengidentifikasi untuk setiap perangkat komputer yang terhubung pada jaringan komputer (intranet / internet).

Apa gunanya IP Address? Secara sederhana, IP Address berfungsi untuk mengetahui keberadaan penggunanya. Tentu saja, ini bisa digunakan untuk hal positif maupun negatif.

Bisa jadi negatif ketika IP Address dipakai untuk melakukan serangan siber atau mengetahui aktivitas seseorang. Cara mengetahui IP Address orang lain yang sedang online memang tidak mudah. Karena, kita harus membagikan sebuah tautan terlebih dulu. Lalu, memastikan bahwa orang tersebut mengklik tautan tersebut.

Nah, berikut cara mengetahui IP Address orang lain dilansir dari Net Data :
Cara Cek IP Address Penipu Online, Wajib Tahu!

1. Anda harus membuat alat pembuat IP seperti IP seperti IP logger dan Grabify

2. Temukan tautan yang menarik.

3. Paste URL di kotak dialog Grabify dan klik opsi Create URL.

4. Sistem akan memuat dan menyediakan kotak dialog Grabify yang dihasilkan, yang dapat Anda gunakan.

5. Bagikan tautan ke orang tersebut misalnya chat WhatsApp.

6. Tunggu saat pengguna menerima tautan Anda. Anda dapat menyegarkan situs Grabify untuk menangkap detailnya. Anda dapat menyematkan tautan ini dengan layanan pelacakan IP untuk mengidentifikasinya juga.

7. Jika orang tersebut mengklik alamat tautan yang dibagikan, Anda bisa melihat alamat IP Addressnya di “Logged IP’s” di laman website IPLogger tadi.



Memang cara ini terkesan mudah, tapi sebenarnya sangat sulit. Sebab, pengguna di Internet sudah sangat waspada terhadap tautan yang dipersingkat. Karena itu, mereka enggan untuk asal klik tautan tertentu yang tidak jelasasal-usulnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)