Tips Sukses Bangun Usaha Ala Mompreneur Plus Cuan Tambahan Lewat Ngonten ft. Endah Rusmala

Jum'at, 07 Juli 2023 - 16:06 WIB
loading...
Tips Sukses Bangun Usaha Ala Mompreneur Plus Cuan Tambahan Lewat Ngonten ft. Endah Rusmala
Endah Rusmala, seorang mompreneur dan konten kreator yang memantapkan hati untuk menjadi pengusaha. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Menjadi seorang wanita karier bisa dibilang impian banyak perempuan ya buddies. Punya pekerjaan mapan, pergi ke kantor dengan pakaian rapi, dan dapat gaji tetap setiap bulan, rasanya sangat menyenangkan.

Tapi, terkadang ada hal yang harus dikorbankan, salah satunya keluarga. Jadi wanita karier sering berada di luar rumah, sehingga waktu dengan keluarga berkurang. Inilah yang dirasakan Endah Rusmala, seorang mompreneur dan konten kreator yang memantapkan hati resign untuk menjadi pengusaha.

From Banker to Baker. 13 tahun jadi pegawai di sebuah bank ternama, Endah memutuskan berhenti dan jadi pengusaha kuliner. Padahal saat itu jabatan dan pendapatannya cukup tinggi. Namun demi menghadirkan sosok seorang ibu di dalam rumah, dirinya memutuskan berhenti apalagi saat sang anak memanggilnya “mbak” bukan “ibu”.



“Turning point pertamanya adalah waktu dia manggil aku ‘Mbak’ Jadi waktu kita lagi main bareng dia tuh beberapa kali manggil aku ‘Mbak Mbak Mbak’ saking dekatnya sama Mbaknya. Itu rasanya kayak di gaplok banget aku nangis bercucuran air mata berhari – hari. Selama ini aku berpikir bahwa dengan aku gila-gilaan kerja jadi pegawai terbaik di kantor buat keluarga. Ternyata aku salah anakku nggak butuh duit aja tapi butuh perhatian, butuh waktu bersama ibunya,” ujar Endah.

Keputusan yang diambil Endah tentunya engga mudah loh Buddies! Ia pernah sedih dan rindu momen saat dirinya jadi wanita karier. Apalagi ketika memutuskan untuk berhenti bekerja orang terdekat Endah seperti keluarga tidak sepenuhnya mendukung keputusannya.

“Yang penting kita jangan ikut keraguan mereka. Setelah melihat usahaku jalan akhirnya barulah orang tua, keluarga mendukung. Oh ternyata bisa ya jalan usahanya. Yang penting legowo aja, karena yang tahu tujuan kita, ya kita sendiri. Jadi kalau bukan kita yang dukung diri sendiri siapa lagi” cerita Endah.

Perjalanan Endah untuk jadi mompreneur sukses tentunya tidak mudah Buddies, sebelum jadi pengusaha kuliner dirinya pernah mencoba jualan skincare, baju, dan sebagainya. Namun, usahanya nggak berkembang karena tidak fokus.



Hingga akhirnya Endah banting setir jadi pengusaha kuliner, dan mencoba jualan brownies. Padahal Endah tidak bisa masak bahkan bisa dibilang anti masuk dapur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)