Meta Luncurkan Beragam Fitur Keamanan untuk Pengguna Remaja

Kamis, 29 Juni 2023 - 06:47 WIB
loading...
Meta Luncurkan Beragam Fitur Keamanan untuk Pengguna Remaja
Meta luncurkan fitur keamanan untuk pengguna remaja. FOTO/ TV
A A A
CUPERTINO - Meta mengumumkan peluncuran serangkaian fitur keamanan untuk melindungi remaja di seluruh platform media sosial Meta,



Seperti dilansir dari DPA, Kamis (29/6/2023), pengumuman paling signifikan melibatkan pengenalan alat pemantauan orang tua untuk Messenger dengan wali sekarang memiliki akses ke informasi seperti jumlah waktu yang dihabiskan remaja di Messenger.

Tak hanya itu pembaruan daftar kontak mereka dan pengaturan privasi dan detail tentang siapa yang dapat mengirim pesan selain melihat cerita tentang Messenger anak masing-masing.

Selain Messenger, Meta sedang mengembangkan fitur untuk membatasi siapa saja yang bisa mengirimkan pesan langsung di Instagram.

Pengumuman tersebut muncul tak lama setelah investigasi Wall Street Journal menemukan contoh di mana sistem rekomendasi Instagram memfasilitasi koneksi terkait dengan berbagi materi terlarang yang melibatkan anak di bawah umur.

Sebagai tanggapan, Meta menonaktifkan ribuan tagar dan membongkar 27 jaringan yang terkait dengan konten tersebut selama dua tahun terakhir.

Meskipun aplikasi Meta memiliki persyaratan usia minimal 13 tahun, perusahaan mengakui bahwa anak-anak dapat menemukan cara untuk melewati batasan ini.

Selain penambahan fitur keamanan, Meta juga mengambil langkah untuk mendorong pola penggunaan yang lebih sehat di kalangan remaja dengan pemberitahuan agar mereka istirahat setelah 20 menit browsing Facebook.

Industri media sosial menghadapi peningkatan pengawasan dari pembuat undang-undang dan regulator mengenai efek media sosial pada remaja.

Pada bulan Mei, ahli bedah AS Dr Vivek Murthy memberikan saran yang menyoroti efek penggunaan media sosial pada pengguna muda dan pada bulan yang sama pemerintahan Biden membentuk gugus tugas khusus untuk mempelajari pengaruh media sosial pada anak-anak.

Meta menghadapi pengawasan tambahan pada tahun 2021 ketika pengungkap fakta Facebook Frances Haugen mengungkapkan dokumen internal yang menunjukkan bahwa perusahaan mengetahui dampak negatif Instagram terhadap gadis remaja.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)