3 Fungsi Fitur Private Cloud dalam Sistem Keamanan Data

Senin, 26 Juni 2023 - 05:29 WIB
loading...
3 Fungsi Fitur Private Cloud dalam Sistem Keamanan Data
Layanan private cloud biasanya digunakan oleh satu organisasi saja dan memastikan bahwa layanan tersebut benar- benar terisolasi dari organisasi lainnya FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Private cloud adalah salah satu jenis layanan cloud computing yang memiliki kelebihan hampir menyerupai public cloud.



Tingkat keamanan data yang baik serta fleksibilitas yang bisa disesuaikan dengan organisasi namun memiliki infrastruktur yang bersifat pribadi atau eksklusif

Oleh karenanya, PT Era Awan Digital (Eranyacloud) meluncurkan solusi Private Cloud dengan performa tinggi yang di peruntukan korporasi dari berbagai industri untuk memperkuat infrastruktur TI yang dimiliki.

“Sebagai cloud provider lokal, Eranyacloud berkomitmen untuk mendukung transformasi digital dengan terus berinovasi dan menciptakan layanan komputasi awan dengan performa tinggi yang dapat membantu kalangan korporasi di Indonesia,” ujar Chief Executive Officer Eranyacloud, Shaane Harjani, (26/06/2023).

Layanan Private Cloud ini diciptakan secara eksklusif dan hanya dapat diakses untuk satu pelanggan atau korporasi. Selain itu, layanan ini memberikan manfaat bagi penggunanya terutama dari segi keamanan, skalabilitas, elastisitas dan kustomisasi sesuai dengan sumber daya yang dibutuhkan oleh pelanggan dari segi software hingga hardware yang ingin digunakan.

Dengan AMD EPYC Processor, layanan Private Cloud dari Eranyacloud mampu memberikan kecepatan 5 (lima) kali lebih cepat dari kecepatan CPU rata-rata dengan maksimal kecepatan hingga 3 GHz.

Kemudian, untuk menambah performa layanan ini, Eranyacloud menggunakan all-flash block storage sehingga pelanggan dapat merasakan kecepatan akses hingga 10 (sepuluh) kali lebih cepat dari penyimpanan SSD pada umumnya.

Layanan Private Cloud dari Eranyacloud juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti firewall 7 lapis, IPS, dan DOS yang dapat melindungi data pelanggan dari serangan siber.

Terdapat tiga fitur unggulan dari layanan Private Cloud, antara lain Virtualization yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses infrastruktur on-premise melalui sumber daya komputasi awan yang tidak terbatas mulai dari penyimpanan, memori, hingga jaringan yang kemudian dapat dibagi kedalam beberapa virtual machine atau elemen infrastruktur TI lainnya.

Fitur selanjutnya adalah Management Software dimana pelanggan dapat memusatkan, mengontrol, dan mengatur infrastruktur dan aplikasi yang ada di dalamnya sendiri.

Dengan fitur ini, pelanggan dapat mengoptimalisasi keamanan, availability atau ketersediaan, dan tentunya dapat memanfaatkan sumber daya sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.

Terakhir adalah fitur Automation yang dapat memudahkan kerja dari tim infrastruktur TI di organisasi atau korporasi.

“Dengan fitur automation pada Private Cloud, pengguna dapat mempercepat kerja tim IT seperti server provisioning dan integrasi, yang biasanya masih harus dilakukan secara manual dan berkala.” ujar Shaane.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5159 seconds (0.1#10.140)