Beradu Inovasi, 17 Startup Finalis Siap Gencarkan Strategi PMF

Jum'at, 23 Juni 2023 - 14:48 WIB
loading...
Beradu Inovasi, 17 Startup Finalis Siap Gencarkan Strategi PMF
Pada hari ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dengan bangga menutup serangkaian program akselerator Startup Studio Indonesia (SSI) Batch 6 dengan acara puncak Milestone Day. FOTO/ CNET
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ) resmi menutup keseluruhan rangkaian Startup Studio Indonesia (SSI) Batch 6 yang dibuka Maret lalu dengan puncak acara Milestone Day.

BACA JUGA - Indah Dorong Inovasi Layar Desa Ikut Kompetisi Inovasi

17 startup finalis yang telah mendapatkan dukungan dan bimbingan selama empat bulan terakhir untuk mencapai Product Market Fit (PMF).

Setelah mengikuti pelatihan selama kurang lebih empat bulan, 17 peserta startup terpilih dari ribuan pendaftar mempresentasikan bisnis dan pencapaian mereka selama mengikuti program SSI, di depan lembaga pemerintah hingga investor.

Startup Studio Indonesia (SSI) sendiri merupakan program garapan Kominfo sejak tahun akhir 2020 lalu yang sudah berjalan 6 kali, dan akan melanjutkan batch ke-7 setelahnya.

Program ini bertujuan untuk membantu para startup dengan mendampingi dan melatih mereka dalam perjalanan mencapai product-market fit (PMF).

Meski telah memasuki batch ke-6, konsistensi dan kualitas Startup Studio Indonesia masih terus terbukti membawa prestasi bagi para pesertanya, salah satunya adalah kesuksesan dari beberapa alumni SSI yang mendapat sokongan dana dari para investor.

"Di Indonesia banyak program, tapi biasanya nunggu di ujung ketika startup telah siap mendapat investasi. Jadi yang diawal mengubah mindset dan khususnya product-market fit, kita harus do something di situ," ungkap Koordinator Startup Digital, Sonny Hendra Sudaryana saat jumpa pers di Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Dukungan pemerintah bagi para startup tahap awal ini tidak akan berakhir begitu saja. Kominfo masih akan terus menjalin komunikasi dan mengawasi perkembangan setiap alumni lewat Program Alumni.

Adapun 17 alumni startup dari program SSI Batch 6 ini yaitu: MODA, Assemblr, AYO Indonesia, Baskit, DEUS Human Capital Services, Inventing , Lakuliner, Looyal, Medi-Call, OneKlinik, Pajak.io, Payable, Rooma, SMEs Pack, Tweak, Tokban, dan RASA.

Diluncurkan sejak tahun 2020, SSI merupakan program tahunan Kominfo yang bertujuan untuk mendampingi dan melatih para startup tahap awal (early-stage) dalam perjalanan mencapai PMF.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4142 seconds (0.1#10.140)