Ini Penyebab Casing Smartphone Bening Menjadi Kuning, Begini Cara Bikin Kinclong Lagi

Selasa, 20 Juni 2023 - 20:07 WIB
loading...
Ini Penyebab Casing Smartphone Bening Menjadi Kuning, Begini Cara Bikin Kinclong Lagi
Pemakaian cukup lama dan terpapar sinar matahari bisa mengubah casing transparan menjadi kusam kekuningan. Foto/Daily Mail
A A A
LONDON - Dengan casing transparan penampikan smartphone menjadi lebih mewah, namun setelah pemakaian cukup lama bisa berubah menjadi kusam kekuningan. Perubahan warna casing ini terjadi karena beberapa sebab, tapi ada cara sederhana untuk membersihkannya agar kinclong kembali.

Sebenarnya plastik yang digunakan sebagai bahan casing berwarna kuning, tetapi pabrik menambahkan warna biru atau tint yang membuatnya tembus pandang. Namun, tint memudar ketika casing terkena sinar ultraviolet (UV), minyak alami, dan keringat dari tubuh manusia.

Salah satu penyebab casing smartphone bening menjadi kuning karena sebagian besar bahannya menggunakan silikon, akrilik, atau poliuretan termoplastik (TPU). Ketiga bahan ini tahan lama dan mampu menahan suhu tinggi, termasuk ketika menggunakan smartphone.



Namun, Ecmco Industrial Plastics menyatakan bahwa akrilik buatan Amerika Serikat (AS) akan menguning di bawah sinar matahari. “Akrilik dan silikon semuanya berwarna kuning akibat reaksi oksidasi yang dipicu saat terkena sinar UV,” keterangan Ecmco dikutip dari laman Daily Mail, Selasa (20/6/2023).

Jadi ini penyebab casing smartphone yang transparan akhir bisa berubah menjadi kusam kekuningan. Berbeda dengan material polikarbonat yang merupakan jenis poliuretan termoplastik (TPU) yang lebih tahan pecah daripada akrilik.

Namun, warna kusam yang tidak rata dapat diubah kembali menjadi transparan. ESR, perusahaan spesialisasi casing untuk tablet, ponsel cerdas, dan perangkat lain, membagikan solusi paling sederhana dan paling terjangkau.

Pertama campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air hangat dan gosok casing dengan lembut menggunakan sikat gigi. Lepas casing dari smartphone, gosok secara merata semua bagian, dalam dan luar.



Terakhir, bilas casing dan keringkan dengan kain lembut. Bisa juga dengan membiarkannya mengering selama satu jam atau lebih. “Jika memungkinkan, ulangi proses ini sekali atau dua kali seminggu,” keterangan ESR.

Metode lain, kata ESR, adalah menggosok dengan cairan alkohol. Tuangkan alkohol ke dalam botol semprot, gunakan botol untuk menyemprotkan alkohol pada wadahnya. “Alternatifnya, bisa menggunakan kain yang dibasahi alkohol,” lanjut ESR dalam posting blognya.

Dengan bagian luar dan dalam terlapisi, ambil kain kering yang lembut untuk menghilangkan alkohol. Setelah selesai, biarkan mengering selama sekitar satu jam.

Beberapa orang juga kerap menggunakan campuran soda kue, jus lemon, dan cuka. Pertama-tama campurkan backing soda dan jus lemon menjadi pasta .

Kemudian oleskan ke casing dengan sikat gigi, lalu masukkan ke dalam mangkuk berisi cuka. Biarkan selama sekitar satu jam, lalu bilas. Cara ini membuat penampilan casing smartphone transparan kinclong kembali.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)