Cara Cek HP Disadap Menggunakan Spyware atau Tidak

Minggu, 18 Juni 2023 - 23:03 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, ciri keempat, yakni ponsel yang mati dan menyala dengan sendirinya, dan tiba-tiba menerima sms-sms aneh yang tak jelas. Seperti bahasanya tidak jelas, atau bahasa yang tidak dikenali.

Setelah mengenali ciri-ciri HP yang disadap oleh spyware, kamu bisa mengatasinya dengan sejumlah langkah.

1. Kenali Aplikasi yang Bisa Melakukan penyadapan.

Kamu harus mengetahui aplikasi mana saja yang dapat melakukan penyadapan. Seperti halnya aplikasi Spyera, TheOneSpy, FlexiSPY, mSpy, atau Highster Mobile. Deretan aplikasi tersebut dapat memonitor serta merekam SMS dan pembicaraan ponsel.

Biasanya, para penjahat siber dapat mengontrol ponsel kamu lewat mikrofon lalu mendengarkan apa yang tengah kamu ucapkan, bahkan hingga merekam panggilan telepon.

Selain itu, yang lebih berbahaya yaitu ketika aplikasi tersebut bisa mencuri password, menggunakan kamera untuk merekam dan tindak kejahatan lainnya.

2. Lakukan Pengecekan Secara Berkala Daftar Aplikasi yang kamu instal.

Cara kedua untuk mengatasi bila ponsel terkena penyadapan spyware, kamu bisa mengecek aplikasi yang bersifat negatif pada ponsel kamu sebagai berikut.

- Buka pengaturan atau setting pada ponsel
- Pilih Apps & Notifications
- Klik 'See all Apps' kemudian cari aplikasi mencurigakan yang memiliki nama seperti spy, stealth, track, trojan dan monitor.
- Apabila menemukan aplikasi aneh, kamu bisa cari di internet soal deskripsi aplikasi tersebut, atau bisa lang menghapusnya.
- Bila tidak menemukan aplikasi aneh, cek ulang aplikasi yang baru kamu unduh dalam sebulan terakhir. Bila menemukan aplikasi mencurigakan, segera hapus.

3. Gunakan Fitur Google Play Protect
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)