The Beatles Siapkan Album Baru, Gunakan AI Keluarkan Suara John Lennon

Rabu, 14 Juni 2023 - 21:16 WIB
loading...
The Beatles Siapkan Album Baru, Gunakan AI Keluarkan Suara John Lennon
The Beatles. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - The Beatles akan merilis album baru dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mengeluarkan suara John Lennon. Album baru ini menandakan kembalinya The Beatles.

Seperti diketahui, personel The Beatles yang masih hidup tinggal dua orang, yakni Paul McCartney dan Ringo Starr.

"Kami akan menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk melepaskan suara John Lennon dari demo lama, untuk membuat album Beatles terakhir," kata McCartney, dikutip dari The Daily Mail, Rabu (14/6/2023).


Dijelaskan dia, sudah 50 tahun lebih, sejak The Beatles memulai karir mereka. Album The End akan menjadi penutup band legendaris dari Inggris ini.

Meski demikian, McCartney belum mau membocorkan lagu yang akan dinyanyikan oleh John Lennon dengan bantuan teknologi AI tersebut. Namun, diduga lagu itu yang dibuat pada tahun 1978.



Yang menarik, lagu itu direkam Lennon tidak lama sebelum kematiannya, pada 1980. Dengan teknologi AI, suara John Lennon akan kembali terdengar dan The Beatles seperti hidup kembali.

"Kami memiliki suara John dan piano dan dia bisa memisahkan mereka dengan AI. Mereka memberi tahu mesin itu. Itu suaranya. Ini gitar. Kehilangan gitar. Jadi kami dapat mengambil suara John melalui AI ini," tukasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)