Jadi Pukulan Telak AS, Iran Bantu Rusia Bangun Pabrik Drone

Senin, 12 Juni 2023 - 17:42 WIB
loading...
Jadi Pukulan Telak AS, Iran Bantu Rusia Bangun Pabrik Drone
Baru-baru ini AS menuding Rusia menggunakan Drone dengan mesin Rotax Iran. FOTO/ DAILY
A A A
MOSCOW - Amerika Serikat (AS) menuding Iran membantu Rusia membangun pabrik pembuatan drone di dekat Moscow.



Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat (9/6/2023), juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengutip temuan intelijen AS yang mengindikasikan bahwa Iran telah memberikan dukungan material untuk pabrik tersebut, yang dapat beroperasi pada awal tahun depan.

Para pejabat AS juga menyangkal klaim bahwa Iran telah mengirim ratusan pesawat tak berawak atau kendaraan udara tak berawak (UAV) ke Rusia untuk digunakan di Ukraina, di mana invasi skala penuh diluncurkan pada tahun 2022.

“Rusia telah menggunakan UAV Iran dalam beberapa pekan terakhir untuk menyerang Kyiv dan meneror penduduk Ukraina, dan kemitraan militer Rusia-Iran tampaknya semakin dalam,” kata Kirby dalam pernyataan, dilansir dari Reuters Senin (12/6/2023).

“Kami juga prihatin bahwa Rusia bekerja sama dengan Iran untuk memproduksi UAV Iran dari dalam Rusia,” imbuhnya.

Administrasi Presiden AS Joe Biden, pendukung terpenting Ukraina, sebelumnya menuduh bahwa Iran dan Rusia sedang mendiskusikan kemungkinan mendirikan jalur perakitan drone di dalam Rusia.

Kirby mengatakan bahwa para pejabat intelijen AS sekarang percaya bahwa pabrik sedang didirikan di zona ekonomi khusus Alabuga, beberapa ratus mil di timur Moskow.

Baru-baru ini Ukraina menuding Rusia menggunakan Drone dengan mesin Rotax Iran.

Mesin Rotax 912 yang ditemukan tersebut dibuat oleh Rotax, anak perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan Kanada Bombardier Recreational Products (BRP). Mesin ini biasanya ditemukan di pesawat ringan dan ultralight.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2112 seconds (0.1#10.140)