Cara Membuat Presentasi yang Menarik di Canva

Senin, 12 Juni 2023 - 10:11 WIB
loading...
Cara Membuat Presentasi yang Menarik di Canva
Cara membuat presentasi yang menarik di Canva penting untuk dipahami. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Cara membuat presentasi yang menarik di Canva sangat penting. Dengan Canva pengguna akan lebih mudah membuat presentasi. Tapi, membuat presentasi menjadi menarik butuh trik tersendiri.

Canva adalah software yang wajib dikuasai oleh pekerja. Sebab, mereka bisa membuat berbagai macam desain, baik infografis, cover YouTube, hingga presentasi.

Keuntungan Canva adalah bisa digunakan gratis, memiliki beragam template, desain fleksibel, ratusan elemen grafis, kolaborasi tim, serta sangat mudah digunakan. Bahkan, untuk mereka yang bukan seorang desainer sekalipun.

Untuk membuat presentasi di Canva caranya mudah. Cukup buka web Canva. Lalu log in. Dan pilih Presentasi. Selanjutnya, pilih jenis presentasi yang diinginkan. Misalnya, Talking Presentation, Presentation (16:9), Presentation Mobile First, atau Brainstorm Presentation.
Lalu, pilih template presentasi yang paling menarik atau sesuai dengan tema materi yang diinginkan. Nah, setelah itu, ikuti tips berikut in:

1. Pilih template

Buka Canva dan pilih opsi "Presentasi" di halaman utama. Pilih template yang sesuai dengan gaya dan tujuan presentasi Anda.

2. Tambahkan slide

Canva menyediakan berbagai tata letak slide yang dapat Anda pilih, seperti slide judul, slide teks, slide gambar, atau slide kombinasi.

3. Atur tata letak slide

Sesuaikan tata letak slide dengan mengubah posisi teks, gambar, dan elemen lainnya. Anda dapat mengklik dan menyeret elemen-elemen ini di sekitar slide.

4. Sesuaikan desain
Cara Membuat Presentasi yang Menarik di Canva

Canva memungkinkan Anda untuk mengubah warna, font, dan gaya elemen-elemen di slide. Pilih font yang sesuai dan pastikan untuk menggunakan kombinasi warna yang konsisten dan menarik.

5. Tambahkan konten

Mulailah menambahkan konten ke setiap slide. Gunakan teks yang jelas dan ringkas, serta jangan lupa untuk menggunakan poin-poin penting atau penekanan visual seperti garis besar, ikon, atau grafik untuk membantu menyampaikan pesan Anda dengan jelas.

6. Gunakan gambar dan grafik

Untuk membuat presentasi lebih menarik, tambahkan gambar, ilustrasi, atau grafik yang relevan dengan topik Anda. Canva menyediakan berbagai pilihan gambar, ikon, dan grafik yang dapat Anda gunakan atau Anda juga bisa mengunggah gambar sendiri.

7. Animasikan elemen

Canva menyediakan fitur animasi yang memungkinkan Anda untuk memberikan efek animasi pada elemen-elemen di slide Anda. Pilih efek animasi yang sesuai untuk meningkatkan daya tarik visual presentasi.


8. Review dan perbaiki

Setelah selesai membuat presentasi, periksa ulang slide-silde Anda untuk memastikan semuanya terlihat baik dan sesuai. Pastikan tidak ada kesalahan tata letak, teks yang terpotong, atau elemen yang tumpang tindih.

9. Simpan dan bagikan

Setelah presentasi selesai, simpan dalam format yang diinginkan (misalnya PDF atau PowerPoint) atau Anda juga bisa mengunduhnya sebagai gambar. Anda dapat membagikan presentasi melalui tautan yang dibagikan atau dengan mengunduhnya dan mengirim melalui email atau platform komunikasilainnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4100 seconds (0.1#10.140)