3 Trik Bikin Foto Malam Estetik Menggunakan HP

Sabtu, 10 Juni 2023 - 17:15 WIB
loading...
3 Trik Bikin Foto Malam Estetik Menggunakan HP
Foto estetik yang diambil menggunakan Galaxy A54 5G di malam hari. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Bikin foto malam estetik jadi skill penting untuk dikuasai. Terutama bagi Gen Z yang hobi nongkrong, ngafe, riding, atau berkegiatan di malam hari. Faktanya, foto malam memberikan efek dramatis yang sulit didapatkan di siang hari.

Fotografer Dika Fidia menyebut bahwa fitur kamera di HP yang ada di pasaran saat ini sudah sangat piawai untuk mengabadikan momen dalam keadaan low-light.

Salah satunya, Samsung Galaxy A54 5G yang dirilis Maret silam. “Ada fitur Nightography dan Optical Image Stabilization dengan sudut yang lebih lebar yang membuat kita bisa mengoptimalkan kemampuan kamera utama 50MP, lensa ultra-wide 12MP, dan lensa makro 5MP di HP tersebut,” bebernya.

Selain itu, menurut Dika, pemrosesan gambar juga dibantu AI. Alhasil, gambar yang dihasilkan tetap tajam, cerah, dan jelas walau di kondisi minim cahaya sekalipun.

Namun, Dika menyebut untuk bisa menghasilkan foto dan video low light terbaik tetap ada trik yang bisa diaplikasikan. Nah, berikut tipsnya:

1. Night Mode
3 Trik Bikin Foto Malam Estetik Menggunakan HP

Untuk menggunakan Night Mode, buka app Camera, geser ke More dan tap Night, lalu jepret. “Jaga stabilitas, karena kamera butuh sedikit waktu untuk mengumpulkan cahaya. Lebih baik gunakan tripod,” ungkap Dika.

2. Mode

Pro Mode berguna untuk menurunkan kecepatan shutter agar bisa menangkap lebih banyak cahaya. “Atur ISO yang lebih tinggi (ISO 400 atau lebih), untuk bisa mendapat gambar dan detail yang lebih tajam,” katanya.

3. Video editing

Setelah foto-foto disimpan, waktunya untuk memberikan sentuhan akhir agar hasilnya tambah awesome untuk di-share di medsos.
Fitur AI Image Enhancer, seperti Remaster Picture dan Object Eraser dapat meningkatkan kualitas foto.

3 Trik Bikin Foto Malam Estetik Menggunakan HP

Fitur Remaster Picture akan mengurangi blur dan noise di foto dan meningkatkan resolusi foto, sehingga foto akan terlihat lebih tajam dan hidup.

“Caranya, buka Gallery foto, pilih foto yang akan di-Remaster. Tap pada tanda titik tiga di pojok kanan bawah. Pilih Remaster picture. Kalau sudah ok, tap Save,” beber Dika.

3 Trik Bikin Foto Malam Estetik Menggunakan HP

Fitur lainnya, Object Eraser berguna untuk menghilangkan bayangan dan pantulan yang tidak diinginkan dari foto. Triknya, buka Gallery foto, pilih foto yang hendak diolah.



“Lalu, pilih gambar eraser (penghapus) yang ada di bawah foto. Lalu tap pada ikon titik tiga yang ada di deret paling kanan, tap Object Eraser. Highlight area dengan menyentuhnya, lalu tap Erase. Kemudian tap Done. Pilih Save untuk menyimpan perubahan,”ujarDika.

Samsung Galaxy A54 5G dipasarkan mulai Rp5.999.000 untuk konfigurasi memori 8GB/128GB dan Rp6.399.000 untuk varian tertinggi 8GB/256GB. Tersedia empat pilihan menarik, yakni Awesome Lime, Graphite, Violet, dan White.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2209 seconds (0.1#10.140)