Kreator Ini Bagikan Strategi Raih Cuan lewat Shopee Affiliate Program

Kamis, 08 Juni 2023 - 16:00 WIB
loading...
Kreator Ini Bagikan Strategi Raih Cuan lewat Shopee Affiliate Program
Bermodalkan kreativitas, kreator bisa mendapatkan cuan lewat program afiliasi di media sosial. Foto: dok Shopee
A A A
JAKARTA - Program afiliasi marketing bisa jadi cara baru bagi konten kreator untuk mencari cuan. Setelah Tiktok sukses dengan Tiktok affiliate, Shopee pun memiliki Shopee Affiliate Program . Bagaimana cara kerjanya?

Cara kerja affiliate marketing sebenarnya sederhana. Anda membuat konten di platform tertentu (TikTok atau Shopee), membagikan Link produk, lalu mendapatkan keuntungan atau komisi apabila ada pembelian menggunakan link tersebut. Besarnya keuntungan beragam. Bisa 1 persen hingga 5 persen.

Bagi pemilik platform, program afiliasi dapat menghubungkan penjual dengan konten kreator dan dapat meningkatkan GMV.

Bagi penjual, program afiliasi akan meningkatkan penjualan. Sedangkan bagi konten kreator, program afiliasi bisa jadi sumber cuan. Tara Ayu, 26, misalnya, bergabung sejak September 2021 lalu di Shopee Affiliate Program.

”Awalnya senang melihat konten dari teman-teman influencer dan konten kreator yang sering berbagi informasi, khususnya soal kehamilan dan parenting. Karena saat itu aku sedang mengandung anak pertamaku,” ujarnya.

Lalu, ia serius untuk menciptakan konten menarik dan edukatif yang bisa dinikmati orang banyak. “Awalnya berat karena harus memiliki strategi yang efektif dan ilmu yang cukup perihal digital marketing, namun setelah dijalani dengan niat dan mental yang kuat nyatanya berhasil,” ungkapnya.

Setelah dua tahun berkecimpung dalam program Shopee Affiliate, Tara konsisten membuat konten kreatif. Mulai mencari ide konsep dan tema yang disukai penonton, latih voice over, pencahayaan, hingga membuat list konten seminggu kedepan agar lebih produktif.

”Konten awal seputar kehamilan, seperti senam hamil dan perlengkapan yang dibutuhkan mendapat respon luar biasa,” bebernya.

Lantas, ia juga berbagi tips dan review produk anak seperti mainan lucu dan unik, pakaian anak, rekomendasi tempat-tempat menarik yang kids friendly, hingga berbagi barang esensial yang dia pakai di rumah.'



Dari situ Tara membagikan 3 cara baginya untuk mendapatkan cuan. “Pertama dari endorse brand yang sering ia ulas. ”Bahkan saya jadi brand ambassador pelancar ASI,” ungkapnya.

Kedua, tentu saja ia mendapatkan bagian dari setiap produk yang terjual. Ketiga, karena aktif bertemu dengan konten kreator lainnya, ia membuat manajemen sendiri. “Program afiliasi cocok untuk mereka yang ingin bekerja di rumah, karena kesempatannya sangat besar,”ungkapnya.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2341 seconds (0.1#10.140)