9 Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan, Jangan Panik!

Rabu, 24 Mei 2023 - 18:18 WIB
loading...
9 Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan, Jangan Panik!
Kendala iPhone tidak ada layanan atau jaringan ini tentunya akan membuat pengguna kesulitan dalam mengoperasikan ponselnya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kendala iPhone tidak ada layanan atau jaringan ini tentunya akan membuat pengguna kesulitan dalam mengoperasikan ponselnya. Karena saat ini jaringan yang kuat sangat mendukung aktivitas sehari-hari.

iPhone tidak ada layanan ini memiliki dua kondisi, yang pertama adalah ketika iPhone No Service atau Tidak Ada Layanan atau Looking yang berarti perangkat tidak dapat terhubung ke jaringan seluler.

Kemudian yang kedua, pada saat iPhone masih terdapat pesan SOS atau “SOS Only” di bar status, membuat perangkat tersebut masih dapat melakukan panggilan darurat.


Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan

Berkaitan dengan kondisi iPhone tidak ada layanan, terdapat sembilan cara yang dapat dilakukan oleh pengguna.

1. Periksa Jangkauan Area

Pastikan bahwa pengguna berada di area yang dijangkau jaringan seluler, dengan cara melihat jaringan seluler milik pengguna lain yang memiliki layanan data sama. Bila sudah, cobalah untuk mematikan data seluler dan nyalakan kembali dalam beberapa saat.

2. Mematikan Data Seluler dan Nyalakan Kembali

Cara ini biasa dilakukan oleh pengguna yang mengalami masalah layanan. Cobalah untuk mematikan data seluler dengan masuk ke "Pengaturan". Tunggu beberapa detik hingga data seluler tersebut kembali dinyalakan.

3. Restart iPhone

Bila cara sebelumnya belum berhasil, cobalah untuk restart iPhone. Solusi ini kerap dipercaya mampu mengatasi iPhone tidak ada layanan.

4. Lepas SIM Card dan Pasang Kembali

Selain restart iPhone, melepas dan memasang SIM Card kembali juga menjadi salah satu cara yang kerap dilakukan pengguna untuk mengatasi iPhone tidak ada layanan.


5. Periksa Pembaruan Pengaturan Operator

Lakukanlah pemeriksaan pembaruan operator secara manual dengan cara berikut.

- Pilih menu "Pengaturan"
- Klik pada opsi "Umum" dan pilih "Tentang Ponsel"
- Nantinya akan ada pilihan untuk memperbarui pengaturan operator

6. Update Roaming Data

Bila pengguna tengah berada di luar negeri, cobalah untuk menyalakan roaming data yang opsinya ada di dalam "Data Seluler" dalam menu "Pengaturan".

7. Update iOS Terbaru

Cara ini hanya berlaku untuk iPhone 6 ke atas. Karena AT&T terkadang menghentikan jaringan 3G nya secara bertahap. Bila pengguna yang menggunakan jaringan 3G ini memiliki masalah layanan maka harus melakukan update iOS terbaru dan menyalakan LTE.

8. Mengatur Ulang Jaringan

Cara mengatur ulang jaringan di iPhone adalah sebagai berikut.

- Pertama, masuklah ke "Pengaturan"
- Pilih "Umum"
- Pilih opsi "Atur Ulang iPhone"
- Klik "Transfer", nantinya akan muncul beberapa opsi
- Pilih "Atur Ulang Jaringan"

9. Menghubungi Operator

Bila beberapa cara tersebut masih belum berhasil, cobalah untuk menghubungi operator seluler. Karena mungkin saja sumber masalah berasal dari pemilik jaringan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)