Rusia Bongkar Kelemahan Sistem Patriot AS dengan Electronic Warfare

Kamis, 18 Mei 2023 - 10:00 WIB
loading...
Rusia Bongkar Kelemahan Sistem Patriot AS dengan Electronic Warfare
Electronic Warfare perangkat elektronik yang digunakan Rusia untuk bongkar kelamahan Sistem Patriot AS. FOTO/ The Asian Times
A A A
MOSCOW - Rusia melakukan aksi balasan usai 6 rudal hipersoniknya ditembak jatuh oleh Ukraina. Kali ini Rusia pakai taktik yang lebih canggih guna mencari kelemahan Sistem Patriot Amerika Serikat.



Sukhoi Su-35S masih menggunakan radar jenis Passive electronically scanned array (PESA) Irbis-E. Walaupun, Irbis-E mampu mengendus keberadaan F-35 namun masih dibilang tertinggal.

Seperti dilansir dari RT, walau pun disebut-sebut, Irbis-E punya kemampuan yang kuat mengedus keberadaan jet tempur siluman (Stealth) milik Amerika Serikat (AS) yaitu F-35 Joint Strike Fighter.

Radar AESA memiliki kemampuan menuntun serangan elektronik, dan dapat melakukan misi serang udara ke udara, udara ke darat, dan udara ke laut secara simultan.

Rusia meningkatkan Su-35S Flanker-E, sebagai langkah untuk mengimbangi produksi jet tempur Su-57 Felon dan peningkatan kebutuhan akan pesawat tempur untuk garda terdepan.

Selain itu, peningkatan dengan memasang radar AESA dianggap penting demi meningkatkan penguasaan pertempuran udara lebih modern yang semakin berkembang.

Proyek peningkatan Su-35S menjadi SM saat ini telah berjalan. Bahkan beberapa sumber di Rusia mengatakan, pesawat varian Su-35SM nantinya akan memiliki beragam keunggulan lebih baik dari yang ada saat ini.

Namun, proyek peningkatan kapabilitas Su-35SM itu tak dijelaskan perusahaan mana yang sedang mengerjakannya. Tetapi kabarnya tak hanya radar, dan ada sejumlah fitur lainnya yang juga ditingkatkan.

Untuk sektor pada sistem perangkat elektronik perang atau Electronic Warfare (EW) KNIRTI L175M Khibiny-M yang saat ini terpasang di Su-35S, nantinya juga akan diganti dengan perangkat yang lebih maju.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2647 seconds (0.1#10.140)