4 Ciri Penipuan di WhatsApp Berkedok Lowongan Kerja, Kenali dan Waspadai!

Senin, 15 Mei 2023 - 13:39 WIB
loading...
4 Ciri Penipuan di WhatsApp Berkedok Lowongan Kerja, Kenali dan Waspadai!
Terdapat sejumlah ciri-ciri penipuan berkedok lowongan kerja di WhatsApp yang perlu diwaspadai. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah ciri-ciri penipuan berkedok lowongan kerja di WhatsApp yang perlu diwaspadai. Tak sedikit korban yang tertipu atas modus tersebut.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, makin banyak juga oknum tak bertanggung jawab yang menyalahgunakannya. Salah satunya adalah dengan melakukan penipuan berkedok lowongan kerja.

Mengutip laman Express UK, Senin (15/5/2023), pelaku penipuan (scammer) menyadari bahwa saat ini cukup banyak orang yang mencari pekerjaan secara daring. Maka dari itu, mereka mulai menyasar sejumlah platform termasuk WhatsApp untuk menyebarkan penipuan tawaran pekerjaan.



Di Inggris, sejumlah pengguna WhatsApp telah melaporkan menerima pesan tentang penawaran kerja dengan gaji menggiurkan. Beberapa di antaranya bahkan memberi janji seperti menghasilkan banyak uang dengan mudah, hingga menetapkan batas waktu tertentu.

Hal-hal demikian perlu menjadi perhatian bagi masyarakat, khususnya yang tengah berusaha mencari pekerjaan secara daring. Untuk itu, Anda bisa mengenali sejumlah ciri-ciri penipuan kerja melalui platform daring seperti WhatsApp. Berikut di antaranya.

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong di WhatsApp

1. Permintaan untuk Membayar Biaya Tertentu

Pada beberapa kasus yang terjadi, scammer menghubungi calon korban dengan penawaran pekerjaan menggiurkan. Setelahnya, mereka biasanya akan meminta korbannya untuk membayarkan uang untuk peralatan kerja, pemeriksaan pekerjaan, dan alasan lainnya.

Hal semacam ini perlu diwaspadai. Pasalnya, scammer biasa menggunakan cara tersebut sebagai kedok mendapatkan uang dari korbannya.

2. Penawaran Gaji Tak Masuk Akal

Gaji besar bisa menjadi andalan penipu untuk menggaet para korbannya. Tak jarang, beberapa pengguna masuk jebakan karena memang sedang butuh pekerjaan dan uang.

Namun, perlu diketahui bahwa penawaran seperti pekerjaan mudah dengan iming-iming gaji besar sulit ditemui. Jika ada, kemungkinan lowongan tersebut adalah bodong.


3. Dimintai Data Pribadi secara Rinci

Umumnya, rekrutmen kerja membutuhkan data sederhana seperti latar belakang pendidikan, riwayat pengalaman pekerjaan, hingga keahlian. Intinya, semuanya hanya sebatas informasi dasar saja.

Namun, apabila telah merambah ke data yang lebih pribadi seperti data rekening bank atau jaminan sosial, Anda perlu waspada. Bisa jadi, tawaran pekerjaan demikian adalah palsu.

4. Langsung Diterima Kerja Tanpa Seleksi

Penipuan jenis ini mungkin lebih mudah dikenali. Pasalnya, cukup aneh ketika tiba-tiba masuk pesan di WhatsApp dan mengatakan bahwa kita diterima kerja.

Umumnya, segala rekrutmen kerja memiliki tahapan yang perlu dilalui calon pekerja. Bisa sebatas interview singkat, tes soal-soal, dan lain sebagainya. Sehingga pesan penipuan seperti langsung diterima kerja ini jelas adalah palsu.

Itulah sejumlah ciri penipuan berkedok lowongan kerja melalui platform seperti WhatsApp.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)