Cari Cuan, OpenAI Tawarkan 70 Plugin untuk Pengguna ChatGPT Plus

Senin, 15 Mei 2023 - 10:53 WIB
loading...
Cari Cuan, OpenAI Tawarkan 70 Plugin untuk Pengguna ChatGPT Plus
OpenAI menawarkan puluhan plugin untuk menarik pengguna ChatGPT berbayar. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - OpenAI terus memperbaiki layanan ChatGPT yang dianggap merevolusi adopsi AI untuk masyarakat umum. Kini, mereka terus menambahkan fitur khusus konsumen yang berlangganan ChatGPT plus . Salah satunya lewat macam-macam plugin.

Plugin sendiri merupakan program yang dapat ditambahkan ke aplikasi atau perangkat lunak untuk meningkatkan fungsionalitasnya atau memberikan fitur tambahan yang tidak tersedia secara default. Plugin biasanya dirancang untuk bekerja dengan aplikasi atau perangkat lunak tertentu.

Di versi alfa, plugin pihak ketiga hanya berlaku terbatas pada orang tertentu saja. Namun beralih ke beta, kini Plugin ChatGPT dapat dinikmati pengguna yang sudah berlangganan. Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 70 plugin yang dihadirkan pada oleh OpenAI. Hal ini demi memperluas kemampuan AI tersebut. Kabar ini pun disampaikan oleh perusahaan melalui akun Twitter resminya @OpenAI.

“Kami meluncurkan penjelajahan web dan Plugin untuk semua pengguna ChatGPT Plus selama minggu depan! Berpindah dari alfa ke beta, mereka mengizinkan ChatGPT untuk mengakses internet dan menggunakan 70+ plugin pihak ketiga,” kata OpenAI, dilansir Gizmochina.

Diketahui bahwa plugin ini pertama kali tersedia untuk orang dalam pada Maret 2023. Namun kini dengan kehadirannya di ChatGPT Plus bakal menawarkan berbagai fungsi.

Beberapa yang termasuk di dalamnya seperti penguraian konten situs web, visualisasi dan analisis data, bahkan bantuan pembelajaran bahasa. Fitur plugin bisa diaktifkan melalui Setting ChatGPT.

Pada bagian Setting pilih Beta features dan aktifkan Web browsing dan Plugins. Setelah itu pengguna bisa melihat Plugin di bagian atas jendela obrolan.

Sebanyak 70 plugin lebih bisa digunakan hanya dengan berlangganan bulanan ChatGPT Plus sebesar USD20 (Rp300 ribu). Pengguna dapat menginstal banyak plugin, namun hanya diizinkan menggunakan tiga plugin sekaligus.



Plugin ini tidak dapat menyentuh berbagai industri, seperti real estate, belanja, perjalanan, hingga makanan. Sebagai contoh plugin "ndricks sport" akan membantu pengguna menemukan dan menyusun berita olahraga.

Kemampuannya menjelajahi internet serta diperkuat plugin, ChatGPT bisa menjadi solusi berbagai tugas sehari-hari. Belum tahu apakah kedepannya OpenAI akan membawa salah satu plugin ke versi gratis agar bisa dicoba pengguna yang tidak berlangganan.

ChatGPT telah membawa pengaruh besar dalam perkembangan kecerdasan buatan. Chatbot AI besutan OpenAI itu semakin populer sejak diluncurkan pada November 2022.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3481 seconds (0.1#10.140)