Intip Perbandingan Google Bard dan ChatGPT, Lebih Canggih Mana?

Jum'at, 12 Mei 2023 - 18:37 WIB
loading...
Intip Perbandingan Google Bard dan ChatGPT, Lebih Canggih Mana?
Perbandingan Google Bard dan ChatGPT menjadi sebuah pembahasan yang menarik diulas. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Perbandingan Google Bard dan ChatGPT menjadi sebuah pembahasan yang menarik diulas. Berstatus sebagai mesin berteknologi kecerdasan buatan (AI), keduanya turut bersaing menjadi yang lebih unggul.

Singkatnya, Google Bard dan ChatGPT menawarkan layanan yang serupa. Pada layanannya, mereka memungkinkan pengguna menerima tanggapan layaknya manusia dengan memasukan sebuah pertanyaan atau permintaan.

Lantas, bagaimanakah perbandingan antara Google Bard dan ChatGPT ini? Dilansir dari laman TechTarget, berikut ulasannya.


Perbandingan Google Bard dan ChatGPT

1. Google Bard

Hadir sebagai jawaban untuk ChatGPT, Google Bard juga merupakan chatbot bertenaga kecerdasan buatan (AI). Mereka awalnya menggunakan Language Model for Dialogue Applications (LaMDA), sebelum akhirnya ditingkatkan levelnya oleh Google menjadi PaLM 2 (Pathways Language Model).

Sama seperti AI chatbot lainnya, Bard dirancang untuk percakapan yang komunikatif. Teknisnya, pengguna dapat berinteraksi dengannya dengan menuliskan pertanyaan atau permintaan ke kolom teksnya. Nantinya, AI pada Google Bard akan memberikan respon atau jawaban terkait.


2. ChatGPT

Popularitas ChatGPT langsung meledak setelah kemunculannya. Sebagai chatbot canggih, pengguna memang merasa sangat nyaman menggunakan layanannya.

Hadir dalam versi gratis dan berbayar, ChatGPT menggunakan model bahasa AI untuk memberikan respon terbaik atas pertanyaan dan permintaan penggunanya. Namun, sama seperti Google Bard, ke depannya chatbot AI ini masih bisa terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi.

Perbandingan utama antara Google Bard dan ChatGPT adalah sumber datanya. Dalam hal ini, Bard selalu mengambil informasi dari internet yang memungkinkannya mendapat berita terbaru.

Sementara itu, sumber data ChatGPT lebih terbatas. Sehingga pada pertanyaan yang menyangkut hal-hal terbaru mungkin sedikit kurang informatif. Namun, tetap saja ChatGPT akan membantu penggunanya sesuai batas maksimal kemampuan.

Selain itu, Bard beroperasi menggunakan model bahasa terbaru Google, yakni PaLM 2. Sedangkan ChatGPT menggunakan GPT-3.5 dan GPT-4 (versi berbayar). Terakhir, Bard lebih banyak membuat potongan informasi, sementara ChatGPT membuatnya menjadi satu prompt teks.

Terkait pertanyaan manakah yang lebih di antara keduanya, jawabannya tergantung sudut pandang yang digunakan. Namun, mengingat keduanya masih dalam tahap awal, mereka masih bisa berkembang dan menjadi lebih baik ke depannya.

Demikian ulasan mengenai perbandingan Google Bard dan ChatGPT yang perlu diketahui.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)