10 Siswa Terpilih Sebagai Juara Olimpiade Hacking CTF Tingkat SMA/SMK Tahun 2023

Selasa, 09 Mei 2023 - 13:40 WIB
loading...
10 Siswa Terpilih Sebagai Juara Olimpiade Hacking CTF Tingkat SMA/SMK Tahun 2023
Sebanyak 10 siswa menjadi juara Olimpiade Hacking Capture The Flag (CTF) tahun 2023 tingkat SMA/SMK dan umum 18 tahun ke bawah. Foto/Ilustrasi/The Hill/Thinkstock
A A A
TANGERANG SELATAN - Sebanyak 10 siswa menjadi juara Olimpiade Hacking Capture The Flag (CTF) tahun 2023 tingkat SMA/SMK dan umum 18 tahun ke bawah. Para pemenang telah mengikuti rangkaian lomba sejak Desember 2022 sampai April 2023 yang diselenggarakan Institut Teknologi Tangerang Selatan (ITTS) dan Yayasan Onno Center Internasional (OCI).

Sepuluh pemenang CTF2023, yaitu Ardhi Putra Pradana dari SMKN 7 Semarang; Bill Elim (peserta Umum Jakarta), Saeful Diyan Pratama, (peserta Umum, Pemalang); Nabil Irawan (SMAN Pesanggaran Banyuwangi); Endra Anugrah Apriyanto (SMK Telkom Malang).

Kemudian, Zaky Nour Rizqy (peserta Umum, Yogyakarta), Muhammad Naufal Ardhani (peserta Umum, Jakarta); Rafid Ghani Mahadri (SMAN 1 Sukoharjo); Lalu Alwan Wijaya (SMKN 1 Sakra NTB); dan Livio Hardi (SMAN 1 Berau, Kalimantan). Para pemenang sebagian masih kelas 10 atau kelas 1 SMA/SMK.



Dalam Olimpiade Hacking CTF 2023 dilakukan pemberdayaan atau pembekalan para calon dalam bentuk webinar dan workshop secara online sebanyak tujuh kali. Tampil sebagai pemateri, yaitu Onno W. Purbo dari ITTS dan Onno Center International dengan tema CTF (Capture the Flag) Dalam Perspektif Cybersecurity dan CTF for beginner.

Ada Ega Gilang Ramadhan (RUDEXTech), Prasetyo Purnomo (PT. Time Excelindo), Yon Handri (BSSN), - Onno W. Purbo, (ITTS dan OnnoCenter), Dimaz Arno Prasetio (ITTS), dan Danny K Wibisono (PT. Ganesha Tradika Pancadaya).

Pertandingan dilakukan selama bulan April dalam 3 sesi dengan waktu 4 hari per sesi, dengan 2 sesi CTF Jeopary di babak penyisihan. Kemudian, satu sesi final yang berupa CTF Write Up (Narasi dan Video Presentasi Youtube) dengan wawancara dilakukan ada bagian akhir pada April 2023.

Proses seleksi cukup berat dengan 50% peserta gugur karena tidak sanggup atau tidak mengerjakan pada sesi 1 dan sesi 2 pertandingan. Sebanyak 40 peserta terbaik berlaga pada sesi 3 dan harus menyelesaikan soal yang cukup berat dengan menuliskan write-up dan presentasi Youtube.



Sekitar 20 peserta terbaik berhasil menyelesaikan tahapan ini. Olimpiade di akhiri dengan wawancara para peserta terbaik untuk memperoleh 10 peserta terbaiknya. Para pemenang mendapat hadiah beasiswa sampai Sarjana di ITTS dengan syarat nilai harus tetap baik, laptop, router, dan uang pembinaan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)