Google Pixel Baru Bakal Menggunakan Chatbot AI Bard

Sabtu, 06 Mei 2023 - 21:32 WIB
loading...
Google Pixel Baru Bakal Menggunakan Chatbot AI Bard
Google berencana mengintegrasikan AI Bard ke smartphone, diawali dengan Google Pixel. Foto: dok CNET
A A A
JAKARTA - Google serius menghadapi “tantangan” Microsoft untuk berkompetisi di kecerdasan buatan/AI. Raksasa teknologi tersebut bahkan dirumorkan akan membawa chatbot AI Bard mereka ke ponsel Pixel . Nantinya, Google Bard akan ditampilkan sebagai widget homescreen yang baru.

Laporan terbaru menyebutkan bahwa ada kemungkinan Google Bard hadir sebagai aplikasi mandiri, widget layar di beranda, atau bahkan terintegrasi langsung ke Google Search.

Sementara ini memang belum diketahui secara pasti sejauh apa peran Bard pada ponsel Pixel Google. Ada klaim yang menyebutkan bahwa Bard nantinya tidak hanya berfungsi sebagai chatbot, tapi juga sebagai asisten yang dikendalikan sistem.

Google dikabarkan sedang mengembangkan fitur tersebut khusus untuk Pixel. Sementara ini, Google Bard juga masih dalam tahap percobaan dan belum meluncur sepenuhnya ke publik, demikian dilansir dari Gizmochina, Sabtu (6/5).

Artinya, kabar ini menegaskan bahwa AI Bard tidak hanya berpengaruh di peramban web atau Google Search saja. Tapi, kedepannya bukan tidak mungkin terintegrasi langsung dengan HP Android.

Seperti diketahui, chatbot AI Google Bard baru seumur jagung. Google meluncurkan Bard pada Maret 2023 lalu sebagai langkah untuk menyaingi chatbot AI ChatGPT besutan OpenAI dan Microsoft Bing.

Google memang terbilang lambat dalam hal persaingan AI. Sementara ChatGPT dirilis pada November tahun lalu, namanya langsung melesat karena kemampuannya membantu pekerjaan manusia.

ChatGPT pun terus berkembang hingga kini telah ditenagai dengan GPT-4 yang diklaim lebih canggih dari iterasi sebelumnya.



OpenAI pun masih akan terus mengembangkannya. GPT-5 sebagai suksesor di masa depan juga digadang-gadang menyamai kemampuan otak manusia.

Meski kalah start dari OpenAI, Google juga sangat fokus mengembangkan Bard. Persaingan Google-Microsoft menegaskan bahwa chatbot AI maupun AI itu sendiri akan sangat beririsan dengan kehidupan pengguna smartphone dimasamendatang.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2999 seconds (0.1#10.140)