Rayakan Hari Kata Sandi Sedunia 4 Mei 2023, Ini 5 Cara Bikin Password yang Aman

Kamis, 04 Mei 2023 - 22:55 WIB
loading...
Rayakan Hari Kata Sandi Sedunia 4 Mei 2023, Ini 5 Cara Bikin Password yang Aman
Hari Kata Sandi Sedunia mengajak warganet agar lebih peka dan peduli terhadap kata sandi yang aman. Foto: dok InsiderPro
A A A
JAKARTA - Hari Kata Sandi Sedunia yang jatuh pada 4 Mei 2023 diharapkan bisa meningkatkan kesadaran akan pentingnya kata sandi yang kuat.

Terlepas dari meningkatnya jumlah serangan siber dan pembobolan data, ternyata masih banyak yang menganggap remeh kata sandi. Yakni, dengan membuat kata sandi sederhana dan mudah ditebak. Misalnya, nama peliharaan, nama pasangan, tanggal lahir Anda, serta kata-kata atau frasa lain yang berhubungan dengan kehidupan pengguna.

Menurut studi, 91% orang mengetahui bahwa menggunakan kata sandi yang sama di beberapa akun dapat meningkatkan risiko keamanan.

Namun demikian, sebanyak 66% pengguna tetap menggunakan kata sandi yang sama di beberapa platform berbeda.

Regional Vice President ASEAN di Palo Alto Networks Steven Scheurmann memberikan tips sederhana namun efektif untuk menjadikan kata sandi sebagai proteksi utama kehidupan digital pribadi dan profesional individu. Berikut rinciannya:

1. Hindari kata sandi umum

Pastikan penggunaan kata sandi panjang dengan campuran dari berbagai jenis karakter—huruf, angka, dan karakter khusus.
Perlu diperhatikan bahwa kata sandi 8 karakter lebih mudah ditebak oleh komputer daripada kata sandi 16 atau 24 karakter.

2. Hindari kata yang mudah ditebak

Penelusuran sederhana Google dengan mudah memberi daftar berbagai kata sandi yang umum digunakan. Berbagai kata sandi ini menjadi acuan oleh penyerang mana pun saat mereka mencoba menebak kata sandi.

3. Kata sandi berbeda di platform berbeda

Password manager atau perangkat lunak pengingat kata sandi bisa jadi opsi, jika Anda tidak mau mengingat terlalu banyak kata sandi.

4. Ubah secara berkala

Pembaruan kata sandi tidak memakan waktu lama dan dapat membantu mengamankan organisasi jika salah satu set kredensial dicuri atau dibobol.


5. Autentikasi multi-faktor (MFA)

Jika kata sandi dicuri atau ditebak, adanya metode lain untuk mengonfirmasi bahwa identitas pengguna sangatlah penting. Banyak vendor sistem cloud, keamanan, dan sistem operasi yang memiliki aplikasi autentikasi multi-faktor yang bisa dengan mudah dipasang di perangkat seluler untuk dihubungkan ke berbagai situs web yangmendukungnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)