Mahasiswa Indonesia Berhasil Kembangkan Startup Teknologi di Rusia

Senin, 01 Mei 2023 - 21:48 WIB
loading...
Mahasiswa Indonesia Berhasil Kembangkan Startup Teknologi di Rusia
Mahasiswa Indonesia di Rusia berhasil bangun startup teknologi. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Fakhrul Arifin Oktavia, tidak pernah menyangka. Perusahaan startup berbasis software house yang dikembangkannya berhasil menembus pasar industri teknologi Rusia.

Mahasiswa pasca-sarjana asal Bekasi ini mengatakan, usahanya dimulai dari membagikan cerita perkembangan pembelajaran IT di kampusnya melalui Instagram Story.

Tidak disangka, unggahannya itu menarik banyak minat teman-teman dan sampai ke petinggi kampusnya.



"Akhirnya berdirilah sebuah startup bernama FAO Tech, pada akhir 2022 lalu," kata pria yang masih mengenyam pendidikan tinggi di Rusia itu, Senin (1/5/2023).

Awalnya, dia menawarkan teman-temannya di Rusia kursus programming gratis dari kamar apartemennya.

"Ya, jadi proyek startup ini awalnya hanya untuk membantu teman-teman saya dalam memahami dunia programming, dan membantu membangun portofolio mereka," sambungnya.

Ternyata, teman-temannya inilah yang kemudian menjadi bagian dari timnya untuk membangun starup, hingga bisa melakukan ekspansi dan sukses menembus pasar IT di Rusia.



Terbaru, pada awal April, FAO Tech bersama salah satu universitas terbaik di Rusia, Kazan Federal State University, merilis sebuah aplikasi berbasis web untuk membantu para mahasiswa memasuki dunia pekerjaan.

Sadriev Azat Rafailovich, Kepala Departemen Inovasi dan Investasi Kazan State Federal University menambahkan, Fakhrul dan timnya berhasil menjadi bagian penting dalam proyek Universitas Federal Kazan.

"Mereka tidak hanya membangun manajemen program pendidikan di universitas, tetapi juga membuat kolaborasi bersama-sama secara sukses, antara dosen dan mahasiswa," ungkapnya.

FAO Tech kini menjadi sebuah percontohan dalam proyek kerjasama di universitas dengan mahasiswa lain, dan sejurus kemudian membuka peluang baru untuk proyek-proyek bisnis teknologi di masa mendatang.
(san)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4125 seconds (0.1#10.140)