Dampak Game Augmented Reality dan Perkembangan AR

Rabu, 19 April 2023 - 16:19 WIB
loading...
A A A
Jika lembaran majalah tersebut diarahkan ke komputer, maka kamu akan melihat mobil tersebut di layar. Saat ini, perkembangan AR sudah dirasakan oleh berbagai industri, mulai dari pariwisata, pendidikan, game, hingga konstruksi.

Akhirnya, beberapa merek lainnya mulai mengadopsi ide tersebut untuk berinteraksi dengan konsumen. Pada 2011, National Geographic menunjukkan spesies hewan langka yang seakan-akan sedang berjalan di pusat perbelanjaan.

Perkembangan Game Augmented Reality
Dampak Game Augmented Reality dan Perkembangan AR

Game AR mendeteksi dunia nyata melalui audio dan visual dengan sensor, seperti mikrofon, kamera, dan GPS. Game AR kini bisa kamu mainkan lewat smartphone dengan menggunakan headset khusus.

Mengutip TechTarget, Zombies, Run! merupakan game AR pertama yang dirilis pada 2012 lalu. Permainan ini mengandalkan audio sesuai data GPS untuk memberikan skor kepada pemainnya.

Lalu, game AR pertama dengan daya tarik yang lebih luas dikembangkan oleh Niantic Inc, yaitu Pokemon GO. Permainan ini menggunakan data OpenStreetMap dan lokasi GPS, di mana pemainnya bisa menangkap tempat menarik di dunia nyata.

Sejak dirilis pada 2016, Pokemon GO mendorong perkembangan game AR ke khalayak. Berkat Pokemon GO, berbagai game serupa pun ikut muncul. Mulai dari Angry Birds AR: Isle of Pigs, Harry Potter: Wizards Unite, dan Jurassic World Alive.

Menurut prediksi, perkembangan AR akan semakin pesat di masa mendatang. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh maraknya penggunaan smartphone. Lalu, bagaimana dengan dampak game augmented reality di kehidupan masyarakat?

Dampak Game Augmented Reality untuk Industri dan Masyarakat
Dampak Game Augmented Reality dan Perkembangan AR

Dampak game augmented reality sudah membawa revolusi ke dunia, khususnya industri game. Sektor video game sendiri menjadi cabang konsumen utama untuk menerapkan teknologi AR.

Sebab, AR sudah bisa dijangkau oleh semua orang. Jadi, kamu tidak perlu lagi membeli headset dengan harga mahal. Bahkan, kamu juga bisa menjelajahi dunia layaknya bertualang.

Mengutip Inglobe Technologies, sebenarnya game augmented reality sudah mencapai tingkat kecanggihan yang melibatkan pemainnya. Berbagai pabrikan game pun menawarkan pengalaman yang berbeda kepada penggunanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)