Dokumen Rahasia Militer AS Bocor di Forum Game Online

Senin, 17 April 2023 - 22:10 WIB
loading...
Dokumen Rahasia Militer AS Bocor di Forum Game Online
Rahasia militer AS bocor di forum game online. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Militer Amerika Serikat (AS) dibuat ketar ketir dengan bocornya sejumlah dokumen negara, di grup game online. Alhasil, forum-forum game online pun mendapat pengawasan ketat pihak militer AS.

Dilansir ABC News, pembocor rahasia negara itu adalah personel militer AS yang hobi bermain game online.

"Rahasia negara dapat dibagikan secara ilegal dalam berbagai cara, seperti percakapan di berbagai platform media sosial. Forum game online telah lama menjadi kekhawatiran militer AS," tulis laman itu, dikutip Senin (17/4/2023).



Hal itu menyusul perkara yang menjerat Jack Teixeira, Pengawal Nasional Massachusetts Air berusia 21 tahun. Dia didakwa secara ilegal mengambil dan memposting materi yang sangat rahasia di Discordical.

Discordical merupakan platform media sosial geopolitik yang menjadi tempat nongkrong menarik bagi para gamer.

"Dunia media sosial dan situs game, telah diidentifikasi sebagai kontra intelijen selama sekitar satu dekade," timpal Dan Meyer, mitra Firma Hukum Tully Rincey, yang berspesialisasi dalam masalah izin militer dan keamanan.

Tidak sedikit, agen intelijen asing yang menyusup ke dalam grup itu dan mendapatkan informasi rahasia tersebut.

Meyer menyebut, agen intelijen asing dan AS banyak yang menggunakan avatar di ruang permainan tersebut untuk terhubung dengan gamers dan terlibat dalam diskusi yang seru selama berbulan-bulan.



Juru bicara Pentagon, Sue Gough mengatakan, kegiatan intelijennya terutama difokuskan secara internasional.

Hal senada diungkapkan Wakil Sekretaris Pertahanan, Kathleen Hicks. Dalam memonya, dia mengatakan, bahwa Departemen Pertahanan sedang meninjau prosesnya untuk melindungi informasi rahasia dari kebocoran.

"Mengurangi jumlah orang yang memiliki akses, dan mengingatkan tanggung jawab untuk melindungi informasi rahasia adalah persyaratan wajib bago setiap individu yang diberikan izin keamanan," tukasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4254 seconds (0.1#10.140)