10 Tips Mengoptimalkan Semua Fitur Xiaomi Redmi 9

Senin, 20 Juli 2020 - 20:50 WIB
loading...
A A A
Tipsnya, pastikan mengatur jarak yang tepat sekitar 1,5 meter dari subyek untuk mendapat efek bokeh. Kemudian, atur framing/komposisi yang tepat agar foto sedap di pandang. Terakhir dan terpenting, fokus pada mata subyek dan ekspresi wajahnya. Ini akan menentukan hasil akhir fotonya portrait.

Kamera Selfie dan Palm Shutter
Redmi 9 memiliki 8MP kamera selfie yang sekaligus dapat digunakan untuk face unlock. Kualitas kamera depannya cukup baik. Di pencahayaan minim sekalipun. Fokusnya juga lumayan cepat. Tipsnya, gunakan fitur Palm Shutter untuk memudahkan mengambil gambar dan mendapatkan angle yang pas. Terutama saat sedang melakukan wefie bersama teman. Cukup tunjukkan telapak tangan ke kamera, otomatis hitungan mundur akan aktif.

Video Ultra Wide
Keberadaan fitur 4 kamera di bawah Rp2 juta sangat penting, karena akhirnya konsumen di segmen entry level bisa merasakan serunya membuat video menggunakan lensa ultra wide angle. Di kelas, di kampus, di restoran, ataupun di tempat nongkrong, merekam video dengan sudut pandang lebar terasa sangat asyik dan seru. Dijamin akan mendorong pengguna untuk lebih banyak mengabadikan momen keseharian.

Karena Redmi 9 belum memiliki penstabil gambar, tipsnya gunakan alat tambahan seperti hand grip yang harganya tak sampai Rp100 ribuan. Alat itu sangat membantu merekam video agar tidak goyang.

Menonton Drama Korea
Langkah membenamkan layar Full HD+ (2340x1080p) di ponsel dengan banderol dibawah Rp2 juta menurut saya lebih penting dibanding memberikan memori lebih besar, misalnya 128 GB. Memori bisa ditambah dengan microSD, tapi layar HD dan Full HD perbedaannya sangat jauh.

Faktanya, layar FHD Redmi 9 yang berukuran 6,53 sangat nyaman untuk bermain gim, dan tentu saja menonton drama Korea atau serial di Netflix. Layarnya besar, jernih, dan nyaman.

Bermain Game
10 Tips Mengoptimalkan Semua Fitur Xiaomi Redmi 9

Redmi 9 menggunakan System on Chip (SoC) MediaTek Helio G80 yang performanya 107% lebih baik dibanding Redmi 8. Selain layar, peningkatan performa ini jadi salah satu alasan untuk upgrade. Saat digunakan bermain PUBG Mobile, eksperiensnya cukup oke. Saya suka sekali grafis di layarnya yang tajam. Bahkan tidak kalah dengan ponsel kelas mid-end.

Fast Charging
10 Tips Mengoptimalkan Semua Fitur Xiaomi Redmi 9

Baterai berkapasitas besar 5020mAh akan lebih optimal jika di dukung dengan perangkat fast charging yang mumpuni. Ada aksesoris charger 18W di toko online yang banderolnya tidak terlalu mahal. Sebab, aksesori bawaan Redmi 9 hanya mendukung 10W saja. Mengisi daya lebih cepat sangat penting mengingat baterai 5000 mAh cukup besar ukurannya. Sehingga lebih banyak waktu untuk menonton video, membuat konten, atau beraktivitas di sosial media.

Sensor Sidik Jari
10 Tips Mengoptimalkan Semua Fitur Xiaomi Redmi 9

Dari sisi desain, Redmi 9 memang tidak terlalu mencolok. Tapi, masih sedap di pandang. Terutama gradasi di kover belakangnya dan tekstur anti-sidik jari. Hanya, itu bisa dinikmati jika tidak menggunakan jelly case bawaannya. Yang jelas, tampilan empat kamera memberikan kesan mahal. Jangan lupa menggunakan sensor sidik jari (fingerprint sensor) di bagian belakang ditempatkan di bawah kamera.

Gunakan TWS
10 Tips Mengoptimalkan Semua Fitur Xiaomi Redmi 9

Redmi 9 memiliki fitur penting seperti jack headphone 3.5mm, IR blaster, USB Type-C, serta slot kartu 2+1 yang mendukung penggunaan dual SIM dan kartu microSD secara bersamaan. Saran saya, untuk memaksimalkan penggunannya adalah memakai True Wireless Earphone (TWS). Mi True Wireless Earbuds Basic S, misalnya, hanya dibanderol Rp300 ribuan. Tapi, dampaknya masif. Selain memudahkan untuk ngobrol atau melakukan video call, juga penting saat menonton serial Korea tanpa ribet dengan kabel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)