Wajib Tahu, Ini Cara Membersihkan Cache HP Xiaomi

Rabu, 07 Agustus 2024 - 19:00 WIB
loading...
Wajib Tahu, Ini Cara...
Ada cara mudah membersihkan cache HP Xiaomi agar performa HP tidak lamban. Foto/Samsung
A A A
JAKARTA - Pengguna handphone sering merasa performa gawainya melemah. Salah satu penyebabnya jejak file alias cache terlalu banyak, ada cara mudah membersihkan cache HP Xiaomi yang wajib diketahui.

Cache yang terlalu banyak tersimpan di HP Xiaomi membuat penyimpanan data membeludak. Walhasil, ketika pengguna melakukan browsing bakal terasa lama.

Melansir berbagai sumber, berikut cara membersihkan cache HP Xiaomi, Rabu (7/8/2024):

1. Cek file manager


Buka aplikasi File Manager di HP Xiaomi. Aplikasi ini bawaan resmi dari HP Xiaomi, bukan aplikasi yang diunduh dari Play Store.


2. Cek penyimpanan memori


Setelah membuka aplikasi File Manager, pilih ikon folder yang ada di bagian atas, lalu pilih "Penyimpanan".

3. Cek statistik penggunaan


Statistik penggunaan ruang internal bakal memerlihatkan kapasitas memori data yang terpakai. Biasanya memerlihatkanaplikasi, data gambar, audio, video danfilelainnya. Misalnya,filelainnya bisa menyita hingga 17,65 GB.

4. Hapus aplikasi dan data


Pilih "Apk dan Data". Akan tampil aplikasi-aplikasi yang menyita ruang internal dari yang terbesar hingga terkecil.

Contohnya, aplikasi Galeri menyita ruang hingga 2,25 GB, pilih aplikasi Galeri, kemudian pilih "Hapus Semua Data". Jangan khawatir, foto dan video kamu tidak akan terhapus. Lakukan hal yang sama untuk aplikasi lain seperti PicsArt.


5. Hapus video


Pilih folder "Video" dan tandai video-video yang tidak diperlukan atau berukuran besar, lalu hapus video tersebut.

6. Hapus file lainnya


Filelainnya sering kali tidak terdeteksi oleh sistem dan harus dicari secara manual. Kembali ke beranda File Manager dan klik tiga titik di pojok kiri atas, pilih "Setelan", lalu aktifkan opsi "Tampilkan File Tersembunyi".

7. Cari dan hapus file tersembunyi


Carifoldertersembunyi yang ditandai dengan titik di depannya. Buka satu per satu dan hapusfileberukuran besar, seperti yang ada difolder cacheaplikasi Facebook atau MIUI Gallery.

8. Hapus file sampah


Gunakan fitur pencarian di File Manager untuk mencarifile-filetertentu seperti APK,thumbnail(thumb), dan gambar (pict) yang tidak diperlukan, lalu tandai dan hapus.

9. Restart


Setelah menghapusfile-fileyang tidak diperlukan, restart HP untuk mengoptimalkannya. Buka kembali aplikasi File Manager dan periksa ruang penyimpanan. Kamu akan melihat perbedaan signifikan setelah membersihkanfile-filesampah tersebut.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)