5 Cara Nonton Video Streaming di HP Agar Ngabuburit Lebih Maksimal

Kamis, 13 April 2023 - 16:16 WIB
loading...
5 Cara Nonton Video Streaming di HP Agar Ngabuburit Lebih Maksimal
Menonton video di HP Galaxy A34 5G tetap terang di outdoor berkat kecerahan 1.000 nits. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Menonton video streaming di HP jadi kegiatan yang digandrungi di Indonesia, selain ngegame. Wajar pula jika kegiatan menonton video streaming di Netflix, Disney+ Hotstar, Viu, HBO Max, hingga Amazon Prime Video difavoritkan untuk ngabuburit selama Ramadan.

Data Reportal bertajuk Digital 2023: Indonesia menunjukkan bahwa 96% dari 212,9 juta warganet Indonesia nonton streaming. Bahkan, mereka menghabiskan rata-rata 1 jam 9 menit setiap hari untuk menonton video streaming.

“Gaming dan streaming tumbuh jadi gaya hidup tak terpisahkan dari Gen Z,” beber Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Menurutnya, hal tersebut wajar mengingat HP yang ada saat ini memang dirancang untuk hiburan. Termasuk juga HP mid-range terbaru Galaxy A34 5G. Ilham menyebut ada sejumlah alasan mengapa nonton video streaming di HP Galaxy A34 5G sangat menyenangkan:

Portabilitas
5 Cara Nonton Video Streaming di HP Agar Ngabuburit Lebih Maksimal

Menggunakan HP, Anda bisa menonton streaming di mana saja dan kapan saja. Tidak tergantung laptop atau TV. Bahkan, tidak harus di ruang keluarga. Tapi juga bisa sambil rebahan, di kamar, teras, ruang keluarga, bahkan di taman.

Kemudahan akses

Platform streaming seperti Netflix, YouTube, atau Disney+ dapat dengan mudah diakses melalui aplikasi di HP seperti Galaxy A34 5G. Sebaliknya, konten-konten yang ditayangkan pun beragam. Mulai serial, drama Korea, anime, dokumenter, dan lainnya. Selalu ada 1001 alasan untuk menonton.

Kualitas gambar sangat baik

Menurut Ilham, pabrikan HP terus berupaya menyediakan layar berkualitas tinggi dan tajam. Termasuk teknologi tampilan HDR yang meningkatkan kontras dan warna, sehingga gambar terlihat lebih hidup dan detail.

Bahkan, ia menyebut bahwa banyak sekali fitur di HP seperti Galaxy A34 5G yang bisa dioptimalkan untuk kegiatan menonton. Tapi, tidak banyak yang menyadarinya.

Nah, berikut adalah tips mengoptimalkan kegiatan menonton di HP:

1. Mengatur Setting Layar

Langkah simple pertama untuk meningkatkan pengalaman streaming adalah mengatur setting layar. Pastikan settingan refresh rate di Galaxy A34 5G maksimal di 120Hz. Tingkat kemulusan transisi gambar atau adegan di layar tergantung pada refresh rate layar. Semakin tinggi, semakin mulus.

Layar 6,6 inci Galaxy A34 5G ideal untuk streaming karena ukurannya berbeda cukup jauh dibanding layar 6,4 inci. Penggunaan Super AMOLED beresolusi FHD+ (1080 x 2400 piksel) dengan aspect ratio baru 19.5:9 juga membuat film jadi terlihat tajam dan sinematik.

2. Optimalkan Kecerahan

5 Cara Nonton Video Streaming di HP Agar Ngabuburit Lebih Maksimal

Tingkatkan visibilitas dengan brightness level Galaxy A34 5G yang mencapai 1.000 nits. Artinya, ketika Anda nonton di outdoor/luar ruangan pun layar Galaxy A34 5G tetap cerah dan tajam. Teknologi Vision Booster membuat layar Galaxy A34 5G bisa menyesuaikan pencahayaan sekitar, termasuk dibawah terpaan matahari langsung.

3. Eye Comfort Shield

Aktifkan pula fitur Eye Comfort Shield untuk memfilter blue light agar mata tidak cepat lelah, terutama jika Anda menonton di ruangan yang gelap. Apalagi, satu film/seri bisa berdurasi 1 -2 jam. Tujuannya, untuk mengurangi ketegangan mata saat streaming di malam hari.

4. Gunakan jaringan Wi-Fi yang stabil

Kualitas video streaming yang baik butuh kecepatan internet cukup. Pastikan terhubung dengan jaringan Wi-Fi stabil dan memiliki kualitas sinyal yang baik untuk menghindari buffering atau putus-putus selama menonton.

Memang jaringan 5G belum tersedia di banyak wilayah di Indonesia. Tapi, jika pengguna kebetulan ada di kawasan yang terkover jaringan 5G, maka bisa menikmati kecepatan internet lebih cepat dan stabil.

5. Matikan notifikasi

Notifikasi seperti pesan masuk atau panggilan telepon dapat mengganggu pengalaman menonton saat ngabuburit. Pastikan mematikan notifikasi selama menonton video streaming agar dapat berkonsentrasi pada konten yang disaksikan.

6. Aktifkan mode Do Not Disturb

Selain mematikan notifikasi, aktifkan juga mode tidak mengganggu di smartphone agar tidak terganggu oleh suara atau getaran yang tidak diinginkan selama menonton.


7. Gunakan headphone atau speaker eksternal

Menggunakan headphone atau speaker eksternal bisa menambah eksperiens saat menonton agar lebih intens atau terasa seperti bioskop. Tapi, kalaupun tidak, tenang saja karena Galaxy A34 5G sudah punya speaker stereo.

Sehingga suaranya cukup ngebass dan tetap jernih. Mungkin salah satunya karena sudah di-tuning oleh Dolby Atmos. Sehingga pengalaman menonton tetap terjaga.

8. Pastikan Baterai Penuh

Tentu akan bete sekali jika notifikasi “low bat” muncul padahal kita sedang asyik menonton. Karena itu, pastikan baterai 5.000 mAh Galaxy A34 5G sudahterisipenuh.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6358 seconds (0.1#10.140)