Solusi Mudik dengan Mobil Baru Tanpa Harus Beli: Sewa lewat Aplikasi!

Jum'at, 31 Maret 2023 - 15:33 WIB
loading...
Solusi Mudik dengan Mobil Baru Tanpa Harus Beli: Sewa lewat Aplikasi!
Mereka yang ingin mudik ke kampung halaman dengan mobil baru menggunakan aplikasi rental mobil seperti Zoomcar. Foto: dok Zoomcar
A A A
JAKARTA - Tingginya penjualan mobil sebelum Ramadan menegaskan betapa besarnya keinginan konsumen untuk mudik ke kampung halaman dengan mobil baru. Padahal, kalau niatnya sekadar ingin mudik dengan mobil baru, mereka bisa menyewanya.

Sebab, saat ini ada aplikasi rental mobil yang memang menyediakan layanan untuk mudik seperti Zoomcar .

Country Head Zoomcar Indonesia Delly Nugraha menyebut, pihaknya memberikan solusi ekonomis dan aman bagi mereka yang ingin memilih jalur darat tapi tidak memiliki kendaraan pribadi atau kendaraannya sedang berhalangan. “Pengguna bisa menyewa mobil secara online,” kata Delly.

Menurut Delly, dengan menyewa mobil di Zoomcar, pengguna dimudahkan karena tak ada batasan kilometer, lepas kunci, tanpa deposit, tak ada biaya ganti jadwal, pembatalan pun bisa dilakukan 6 jam sebelum sewa dimulai,” bebernya.

Zoomcar disebut Delly juga memberikan keamanan dan kenyamanan layanan dengan perlindungan asuransi serta dukungan roadside assistance yang dapat dihubungi lewat chatbot di aplikasi Zoomcar dan hadir ke lokasi jika di perjalanan mengalami kendala teknis dengan kendaraannya.

Berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT), jumlah pergerakan masyarakat saat musim mudik Lebaran 2023 diprediksi mencapai 123,8 juta orang.

Angka tersebut meningkat 14,2% dibandingkan prediksi mudik Lebaran 2022 sebesar 85,5 juta orang. Mayoritas masyarakat diprediksi menggunakan mobil pribadi sebanyak 27,32 juta orang atau 22,07% dari total pergerakan masyarakat pada mudik Lebaran 2023.

Apa Cara dan Syarat Sewa Mobil Online?

Pertama-tama, pengguna terlebih dulu mengunduh aplikasi Zoomcar di Playstore. Kemudian, hanya perlu memfoto SIM mobil yang dimiliki. Termasuk juga eKTP dan foto selfie wajah.

Penyewa yang disebut Guest dan pemilik mobil yang disebut Host lantas bisa bertransaksi tanpa harus bertemu muka.

Nantinya, mobil yang disewa bisa diatur pengambilannya. Host akan mengantar kendaraan ke titik lokasi yang disepakati antara Host dan Guest secara online melalui aplikasi, lalu mengaktifkan mobil lewat aplikasi.

Pun saat mobil dikembalikan, Host akan mengambil kendaraan di titik lokasi yang disepakati tetap tanpa tatap muka. “Tarif sewa juga ditentukan bergantung jenis mobil yang dipilih dan durasi sewa. Durasi sewa pun bisa singkat atau selama dibutuhkan,” ujar Delly.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5202 seconds (0.1#10.140)